Dukung Presidensi G20, PLN Pasang PLTS di Pulau Terpencil Labuan Bajo

Image title
1 Maret 2022, 11:41
pln, plts, listrik, g20, presidensi g20
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/foc.

PLN berkomitmen memasok listrik ramah lingkungan dalam mendukung seluruh rangkaian kegiatan Presidensi G20 Indonesia 2022. Komitmen tersebut tidak hanya sebatas transisi energi pada pembangkit listrik besar, namun juga pembangkit listrik ramah lingkungan di lokasi-lokasi terpencil.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso mengatakan perubahan tersebut dapat dilihat dengan dimanfaatkannya pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di pulau-pulau kecil di kawasan sekitar Labuan Bajo.

Seperti PLTS di Pulau Messah, Pulau Papagarang, Pulau Seraya Marannu dan Pulau Batu Tiga Boleng. Hal ini setelah pihaknya melakukan peninjauan kesiapan PLN dalam menjaga keandalan pasokan listrik di Kawasan Labuan Bajo. Khususnya untuk menyukseskan penyelenggaraan rangkaian acara Presidensi G20.

"Hadirnya PLTS di pulau terpencil ini bukan hanya menunjukkan komitmen penggunaan listrik ramah lingkungan, tapi juga secara nyata telah dimanfaatkan oleh masyarakat di wilayah terisolir. Ini contoh nyata yang sangat bagus untuk kita tunjukkan di forum acara Presidensi G20," ujar Susiwijono dalam keterangan tertulis, Selasa (1/3).

Masyarakat di Pulau Messah dan Pulau Papagarang sendiri sebelumnya mengandalkan generator untuk penyediaan listrik di wilayahnya. Warga berpatungan membayar sewa Rp 10 ribu per hari, yang disalurkan melalui jaringan kabel dari rumah ke rumah.

Labuan Bajo merupakan salah satu lokasi yang didorong untuk menjadi tempat penyelenggaraan berbagai acara Presidensi G20. Setidaknya terdapat sekitar 8 acara yang akan dihelat di wilayah tersebut, di antaranya 2nd Sherpa Meeting serta beberapa pertemuan tingkat Working Group (Tourism, Supreme Audit, Energy Transition, Digital Economy, Trade-Investment-Industry).

Sementara, dalam mendukung kegiatan Presidensi G20 di Labuan Bajo, PLN telah melakukan rekonfigurasi konstruksi jaringan listrik saluran kabel tanah di Kawasan Labuan Bajo sebagai Kawasan DPSP (Destinasi Pariwisata Super Prioritas).

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...