UNHCR Proyeksi 4 Juta Warga Ukraina Mengungsi imbas Invasi Rusia

Happy Fajrian
2 Maret 2022, 07:24
rusia, ukraina, pengungsi, pbb, perang rusia ukraina
ANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Peter/foc/sad.
Warga negara asing yang melarikan diri dari invasi Rusia ke Ukraina menunggu di perbatasan Shehyni untuk memasuki Polandia dekat Mostyska, Ukraina, Selasa (1/3/2022).

Komisi Tinggi PBB untuk Pengungsi (United Nations High Commissioner for Refugee/UNHCR) memprediksi empat juta warga Ukraina akan mengungsi dalam beberapa minggu ke depan pasca serangan Rusia ke negara berpenduduk 44 juta jiwa tersebut.

“Sebanyak empat juta orang dapat mencari perlindungan di negara lain dalam beberapa minggu mendatang karena perang di Ukraina semakin mengerikan,” kata komisioner UNHCR Filippo Grandi dalam pertemuan Dewan Keamanan PBB, seperti dikutip Bloomberg, Rabu (2/3).

Angka tersebut meningkat 300% dari proyeksi Uni Eropa sebanyak satu juta pengungsi. “Saya telah bekerja dalam krisis pengungsi selama hampir 40 tahun, dan saya jarang melihat eksodus orang yang meningkat pesat seperti ini,” kata Grandi menambahkan.

UNHCR mengungkapkan bahwa sekitar 677.000 orang telah meninggalkan Ukraina hingga Selasa (1/3). Para pemimpin di Hungaria, Polandia, Rumania, dan Slovakia telah mengindikasikan bahwa mereka siap menghadapi arus masuk pengungsi Ukraina.

Grandi mengatakan Senin bahwa PBB telah menerima setidaknya sumbangan dari perusahaan swasta dan warga negara dalam beberapa hari terakhir senilai US$ 40 juta atau lebih Rp 573 miliar.

Organisasi PBB tersebut juga meluncurkan kampanye untuk mengumpulkan US$ 1,1 miliar (Rp 15,77 triliun) untuk membantu orang-orang di Ukraina dan tambahan US$ 551 juta (Rp 7,9 triliun) untuk orang-orang yang telah meninggalkan Ukraina ke negara lain.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...