Pertagas Genjot Infrastruktur Gas untuk KEK di Kaltim dan Sulsel

Image title
11 Maret 2022, 16:22
infrastruktur gas, pertagas, pertamina, kawasan ekonomi khusus
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi jaringan infrastruktur gas.

PT Pertamina Gas (Pertagas) akan mengembangkan infrastruktur penyaluran gas di Kalimantan Timur dan Sulawesi Selatan. Pertagas menggandeng PT Maloy Batuta Trans Kalimantan (MBTK) sebagai pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang berlokasi di Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur.

Adapun sinergi antara Pertagas dan MBTK diresmikan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Kajian Bersama Penyediaan Pasokan dan Infrastruktur Gas Bumi di Graha Pertamina pada Jumat (11/3).

Nantinya, kebutuhan energi para tenant industri di dalam KEK akan disuplai oleh Pertagas melalui gas pipa maupun LNG. Direktur MBTK, Muhammad Ade Himawan menyambut baik kerja sama dengan Pertagas ini. Pasalnya, suplai gas dan infrastruktur dari Pertagas sangat dibutuhkan di dalam KEK.

"Sejak diresmikan pada 1 April 2019 hingga sekarang kami terus melakukan perbaikan manajemen operasional dan percepatan investasi, termasuk salah satunya penyediaan suplai gas," ujar Ade dalam keterangan tertulis, Jumat (11/3).

Pertagas telah memiliki pengalaman panjang dalam bisnis gas di Kalimantan Timur. Direktur Utama Pertagas, Wiko Migantoro menyampaikan pihaknya telah memiliki jaringan pipa gas yang mensuplai industri metanol, pupuk dan kelistrikan.

Selain itu Pertagas juga telah menyuplai gas ke Sambera lewat LNG Trucking. Pada 2022, Pertagas juga bersiap membangun pipa transmisi gas ruas Senipah-Balikpapan.

"Pertagas siap membantu MBTK dengan suplai gas dan fasilitas infrastruktur pendukung agar KEK yang tengah di kembangkan MBTK dapat menarik minat industri untuk berinvestasi di Kalimantan Timur," kata Wiko.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...