Perang Belum Usai, Harga Minyak dan Batu Bara Berpotensi Naik Lagi

Muhamad Fajar Riyandanu
15 Maret 2022, 15:38
harga minyak, harga batu bara, batu bara, perang rusia ukraina, rusia, ukraina
Dok. Chevron
Harga minyak mulai turun setelah sempat menyentuh rekor tertingginya beberapa waktu lalu.

Harga minyak dan batu bara mulai melandai setelah sempat menyentuh rekor tertingginya beberapa waktu lalu. Namun belum berakhirnya perang Rusia Ukraina berpotensi membuat harga kedua komoditas energi itu kembali melonjak.

Direktur Eksekutif Energy Watch, Mamit Setiawan, mengatakan tren penurunan harga minyak dan batu bara tak akan berlangsung lama. Ia menilai harga dua komoditas energi tersebut akan kembali melonjak lantaran ketersediaan pasokan yang belum jelas akibat perang Rusia dan Ukraina.

Advertisement

“Saya kira potensi kenaikan (harga) masih sangat besar untuk komoditas energi, baik itu batu bara maupun minyak. Selama konflik belum selesai, maka harga akan tetap tinggi,” kata Mamit saat dihubungi pada Selasa (15/3), siang.

Mengutip Bloomberg, harga minyak mentah jenis Brent hari ini berada pada level US$ 100,7 per barel, sedangkan West Texas Intermediate (WTI) bergerak di bawah US$ 100 per barel. Sebelumnya Brent sempat menyentuh US$ 131,5 sedangkan WTI US$ 126,6 per barel pada Rabu (9/3).

Adapun harga batu bara di pasar ICE Newcastle (Australia) pada Senin (14/3) berada pada level US$ 336,15 per ton, sebelum menorehkan rekor tertinggi pada Rabu (2/3) pada level US$ 446 per ton.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement