Buru Cadangan Migas Baru di Sumsel, Pertamina Bor Sumur SRT-1X

Muhamad Fajar Riyandanu
15 Maret 2022, 16:38
pertamina, pengeboran sumur eksplorasi, cadangan migas
/home/ubuntu/Pictures/antarafoto/cropping/production/original/ANT20190926167.jpg
Petugas memeriksa pipa pemisahan minyak, air dan gas di Stasiun Pengumpul Kenali Asam, Pertamina EP Field Jambi, Jambi, Kamis (26/9/2019).

Pertamina Hulu Energi (PHE) Jambi Merang melakukan pengeboran sumur eksplorasi SRT-1X di Desa Mendis Jaya, Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, untuk mencari cadangan migas baru.

Pengeboran ini dimulai pada Senin (7/3), dengan menggunakan rig PDSI #42.3/N-1500E. Pengeboran diperkirakan membutuhkan waktu selama 62 hari. Pengeboran sumur eksplorasi SRT-1X merupakan pemenuhan komitmen kerja pasti PHE Jambi Merang.

General Manager Subholding Upstream Pertamina Regional Sumatera Zona 1, Ani Surakhman, sumur SRT-1X merupakan sumur eksplorasi ketiga yang dibor oleh Zona 1 tahun ini. Sebelumnya, PHE telah mengebor sumur eksplorasi di dua lokasi berbeda, yakni sumur CMA-001 di Field Pangkalan Susu dan Sumur SGET-001 di Field Jambi.

“Selain itu, kami juga telah mengebor lima sumur pengembangan, yaitu sumur SGC-031, SGC-032, KTT-045 dan SKB-002 di Field Jambi, serta sumur P-460 di Field Rantau,” kata Ani dalam keterangan tertulis, Selasa (15/3).

Ani menjelaskan, sumur eksplorasi berbeda dengan sumur pengembangan. Sumur eksplorasi bertujuan untuk menemukan cadangan migas baru, sedangkan sumur pengembangan dibor pada struktur yang telah terbukti cadangan migasnya dengan tujuan untuk meningkatkan produksi.

Melalui pengeboran sumur pengembangan, produksi migas di dalam negeri dapat terus meningkat. Upaya ini tentu dibarengi dengan meningkatkan kinerja operasi, mengoptimalkan lapangan produksi eksisting, melanjutkan program kerja eksplorasi, transformasi resources to production, serta memanfaatkan teknologi untuk implementasi enhanced oil recovery (EOR).

“Kami berkomitmen meningkatkan produksi migas Zona 1. Implementasi ini sejalan dengan semangat SUMATERA (SUstainable, MAssive, To grow, Efficient, Resilient, Aggressive),” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan SKK Migas Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), Anggono Mahendrawan, menyampaikan bahwa SKK Migas dan KKKS akan terus melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan produksi migas, khususnya di wilayah Sumbagsel.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...