Eropa akan Subsidi Harga Energi yang Tinggi Imbas Perang Rusia Ukraina

Happy Fajrian
16 Maret 2022, 15:29
subsidi, subsidi energi, uni eropa, harga bahan bakar, harga energi, perang rusia ukraina
pixabay.com
Menteri keuangan negara-negara Uni Eropa sepakat memberikan subsidi energi kepada rumah tangga dan perusahaan seiring tingginya harga bahan bakar dan gas.

Para menteri keuangan negara-negara Uni Eropa sepakat untuk memberikan subsidi kepada rumah tangga dan perusahaan untuk mengurangi beban harga energi yang tinggi imbas perang Rusia Ukraina.

“Perang di Ukraina mendorong kenaikan harga yang tinggi pada sejumlah komoditas terutama gas dan makanan. Ini membutuhkan respon yang terkoordinasi dari negara-negara Eropa,” kata Menteri Keuangan Prancis, Bruno le Maire, seperti dikutip dari Reuters pada Rabu (16/3).

Advertisement

Le Maire mengatakan bahwa keputusan tersebut diambil berdasarkan proposal Komisi Eropa (European Comission) untuk mengurangi pembatasan bantuan negara Uni Eropa untuk membantu menangani keadaan darurat di Ukraina.

Dia menjelaskan bahwa strategi subsidi energi ini didasarkan pada tiga aspek utama. Pertama, dukungan untuk semua rumah tangga yang terkena dampak kenaikan tajam harga bahan bakar.

“Ini kami lakukan di Prancis, dan banyak negara Eropa lainnya telah melakukan hal yang sama atau sedang mempertimbangkan untuk melakukannya. Semacam potongan harga di SPBU. Banyak orang harus ke tempat kerja dengan mobil, dukungan ini kami anggap perlu,” kata le Maire.

Kemudian langkah dukungan kedua adalah membantu perusahaan yang paling terpukul oleh kenaikan harga gas alam. Bantuan bisa berupa pinjaman yang dijamin pemerintah atau hibah untuk perusahaan yang mengkonsumsi banyak energi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement