Komisi XI Loloskan Isma dan Haerul jadi Calon Anggota BPK RI yang Baru

Abdul Azis Said
18 Maret 2022, 22:02
bpk, calon anggota bpk, dpr, komisi XI
Komisi XI DPR telah selesai melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) calon anggota BPK.

Komisi XI DPR sepakat untuk meloloskan Isma Yatun dan Haerul Saleh sebagai calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang baru. Nama keduanya kemudian akan dibawa ke Sidang Paripurna untuk mendapat persetujuan.

"Total 112 (suara) dan absteinnya nol. Dengan demikian suara terbanyak ibu Isma Yatun 46 dan Haerul Saleh 37," kata Ketua Komisi XI DPR Dito Ganinduto dalam Rapat Pengambilan Keputusan Hasil Uji Kepatutan dan Kelayakan (Fit and Proper Test) Calon Anggota BPK, Jumat (18/3).

Penunjukkan Isma dan Haerul sebagai calon anggota BPK yang baru setelah melalui sesi fit and proper test selama dua hari. Dalam agendanya, terdapat 15 nama yang dijadwalkan ikut sesi uji ini, namun hanya 13 nama yang hadir.

Sementara itu, terdapat dua nama yang tidak hadir dan dinyatakan mengundurkan diri yaitu Blucer W. Rajagukguk dan Kristiawanto.

Dari hasil voting yang diberikan oleh 112 anggota Komisi XI yang hadir di Gedung DPR RI tersebut, dua calon anggota lainnya yakni Osbal Saragi Rumahorbo dan Dori Santosa mendapat perolehan suara masing-masing 18 dan 11 suara.

Sedangkan calon anggota lainnya yakni Priyono Dwi Nugroho, Moza Pandawa Sakti, Yves S. Palambang, Kukuh Prionggo, Syafri Adnan Baharudin, Dadang Suwanda, Adrin Guntura, Firmasnyah dan Rachmat Manggala Purba tidak mendapatkan suara.

Nama Isma maupun Haerul bukanlah orang baru. Wakil Ketua Komisi XI DPR Amir Uskara menyebut Isma merupakan calon incumbent yang sebelumnya sudah menjabat satu periode sebagai anggota BPK, sementara Haerul merupakan rekannya di Komisi XI DPR.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...