Rusia Kena Sanksi Banyak Negara, Siapa Pembeli Minyaknya Saat Ini?

Happy Fajrian
23 Maret 2022, 16:30
minyak rusia, ekspor minyak rusia, perang rusia ukraina
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi

Beberapa negara telah menjatuhkan sanksi terhadap minyak Rusia setelah Vladimir Putin memerintahkan invasi ke Ukraina. Australia, Inggris, dan Kanada, mengikuti langkah Amerika Serikat (AS) menyetop impor minyak dari negara itu.

Sementara itu sekutu Amerika lainnya, Uni Eropa, tak mampu mencapai suara bulat untuk menjatuhkan sanksi terhadap pasokan minyak dan gas Rusia yang masing-masing menyumbang 27% dan 40% dari total kebutuhan kawasan.

Advertisement

Menteri Luar Negeri Irlandia, Simon Coveney, mengatakan UE harus meningkatkan sanksi terhadap Rusia di sektor energi, khususnya minyak dan batu bara.

"Melihat sejauh mana kehancuran di Ukraina saat ini, sangat sulit untuk menyatakan kita tidak meningkatkan sanksi terhadap Rusia di sektor energi," kata Coveney seperti dikutip dari Reuters pada Rabu (23/3).

Negara-negara Baltik termasuk Lithuania menilai embargo di sekror energi sebagai langkah logis, "Kita harus membicarakan sanksi terhadap Rusia di sektor energi, karena minyak adalah pendapatan terbesar bagi Rusia," kata Menteri Luar Negeri Lithuania, Gabrielius Landsbergis.

Namun Jerman dan Belanda memperingatkan agar tidak bertindak terlalu cepat karena harga energi yang terlampau tinggi di Eropa. Perdana Menteri Belanda Mark Rutte mengatakan bahwa UE tidak dapat begitu saja lepas dari pasokan energi Rusia.

"Terlalu banyak kilang di bagian timur dan barat Eropa masih sepenuhnya bergantung pada minyak Rusia dan bahkan lebih buruk dengan gas," ujarnya.

Meski demikian dia sepakat bahwa UE harus menghilangkan ketergantungan dari pasokan energi Rusia. "Kita harus melakukannya secepat mungkin, tapi kita tidak bisa melakukannya besok," tambahnya.

Hungaria juga menentang larangan impor energi Rusia, sementara Bulgaria mengatakan akan mencari pengecualian jika larangan tersebut disetujui.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement