Sri Mulyani: Blok Rokan Dikelola Anak Bangsa akan Untungkan Indonesia

Happy Fajrian
25 Maret 2022, 16:53
sri mulyani, blok rokan, pertamina,
Pertamina
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani (ketiga dari kiri) berfoto bersama (dari kiri) Dirut PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Subholding Upstream Budiman Parhusip, Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero) Emma Sri Martini, dan Dirut PT Pertamina Hulu Rokan Jaffee A. Suardin di salah satu lokasi pengeboran minyak di Lapangan Minas, Riau, pada Kamis (24/3)

Menteri Keuangan Sri Mulyani, berkunjung ke ke Blok Rokan di Riau pada Kamis (24/3). Dia menyatakan kebanggaannya melihat anak-anak bangsa memimpin kegiatan produksi di wilayah kerja (WK) migas terbesar kedua di Indonesia itu.

"Tetap jaga tingkat kompetensi dan prestasi untuk membuktikan kemampuan kita dalam mengelola sumber daya alam kita,” kata dia saat berada di Ruang Kendali Operasi (War Room) PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) di Rumbai, seperti dikutip dari siaran pers Pertamina, Jumat (25/3).

Menurut dia, pengelolaan Blok Rokan oleh putera bangsa akan memberikan keuntungan lebih bagi bangsa dan dapat memberikan hasil yang lebih baik bagi APBN. Sri Mulyani juga mengapresiasi perhatian PHR kepada masyarakat dan bisnis lokal yang disebutnya nilai yang positif.

Ia menyampaikan pesan agar PHR dapat mengembangkan dan melatih sumber daya manusia baik yang ada di PHR, maupun generasi muda yang berada di universitas-universitas tidak terbatas hanya di Provinsi Riau tetapi juga di seluruh Indonesia.

Menkeu juga menceritakan pengalamannya berkunjung ke Blok Rokan melalui akun instagramnya @smindrawati. “Saya senang Pertamina Hulu Rokan Rumbai memiliki sejarah dikelola oleh pihak luar selama 92 tahun ini akhirnya diambil alih oleh pemerintah dan dikelola oleh Pertamina,” tulisnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
A post shared by Sri Mulyani Indrawati (@smindrawati)

Menurut Menkeu, dikelolanya WK Rokan oleh PHR tak hanya memberikan keuntungan bagi negara tetapi juga bagi masyarakat sekitar, baik melalui penyerapan tenaga kerja, munculnya bisnis-bisnis lokal, dan maupun melalui berbagai kontrak kerja sama baik sisi teknis maupun non-teknis.

“Saya berharap Pertamina Hulu Rokan tak hanya fokus pada tujuan operasional, tetapi juga bertanggung jawab secara moral terhadap lingkungan, terutama ketika persoalan dampak perubahan iklim menjadi sorotan dunia saat ini,” tulisnya lagi.

Kunjungan kerja dia disambut langsung Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero), Emma Sri Martini, Direktur Utama PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Subholding Upstream, Budiman Parhusip, dan Direktur Utama PHR, Jaffee A Suardin.

”Belajar dari alih kelola di WK lain sebelumnya, persiapan Pertamina dalam alih kelola di WK Rokan jauh lebih banyak sehingga mampu menjaga bahkan meningkatkan produksi,” tutur Nicke.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...