PLTS Kilang Dumai Beroperasi, Turunkan Emisi Karbon 2.052 Ton / Tahun

Muhamad Fajar Riyandanu
6 April 2022, 15:26
kilang pertamina, plts, pertamina
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Ilustrasi kilang minyak.

Pertamina melalui subholding Power and New & Renewable Energi (PNRE) telah menyelesaikan penyediaan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) sebesar 2 MW di area Kilang Dumai, Riau.

PLTS Kilang Dumai menambah daftar kilang Pertamina yang melakukan konversi ke penggunaan energi listrik ramah lingkungan. Tahun lalu PLTS dengan kapasitas terpasang 1,34 MW mulai dibangun di area Kilang Cilacap.

Advertisement

“PLTS di Kilang Cilacap 1,34 MW dan Kilang Dumai 2 MW, serta PLTS di 143 SPBU sebesar lebih dari 1 MW adalah bagian dari langkah awal kami melakukan transisi energi di internal Pertamina. Potensi PLTS di internal Pertamina cukup besar, sekitar 500 MW,” ujar Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi dalam keterangan tertulis Rabu (6/4).

PLTS Kilang Dumai dibangun di lahan seluas sekitar 2 hektar dengan ini menjadi PLTS ground mounted terbesar di Riau. PLTS ini akan menyuplai listrik ke fasilitas perumahan milik Kilang Dumai. Perkiraan persentase suplai energi bersih dapat memenuhi sekitar 20-30% kebutuhan listrik secara keseluruhan di area tersebut.

Potensi listrik yang diproduksi PLTS Kilang Dumai mencapai 2,5 GWh per tahun dan berpotensi menurunkan CO2 sebesar 2.052 ton per tahun. Potensi penurunan emisi tersebut juga setara dengan penyerapan CO2 oleh 97 ribu pohon dalam setahun.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement