DEN: Kebijakan Harga DME Kunci untuk Gantikan Konsumsi LPG

Happy Fajrian
7 April 2022, 16:40
dme, batu bara
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/pras.
Pemerintah ingin menggantikan konsumsi LPG dengan DME yang merupakan hasil dari gasifikasi batu bara.

Pemerintah mendorong pengembangan proyek gasifikasi batu bara menjadi dimethyl eter atau DME. Tujuannya untuk menggantikan konsumsi LPG 3 kilogram (kg) sehingga dapat mengurangi impor dan beban subsidi LPG yang terus meningkat setiap tahun.

Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Satya W. Yudha mengatakan bahwa pemerintah perlu memformulasikan harga DME yang tepat agar besaran kompensasi yang harus dibayarkan tidak membengkak.

“Harga DME di Indonesia fluktuatif sekali, spreadnya cukup lebar dengan LPG. Maka formulasi harga DME perlu kita rumuskan agar tidak berfluktuasi seperti ini," ujarnya dalam diskusi publik Keekonomian Gasifikasi Batu Bara, Kamis (7/4).

Karena kalau harganya terlalu berfluktuasi, lanjut Satya, khususnya yang nanti akan menggantikan LPG subsidi, maka kompensasi yang harus dibayarkan pemerintah menjadi sangat besar.

Menurut Satya acuan harga DME di Indonesia tidak bisa seperti di Cina yang saling beriringan antara harga DME dengan harga LPG. “Nanti akan ada formulasi harga DME yang akan kita kaji dari waktu ke waktu dan saya yakin nanti dari Kementerian ESDM akan memformulasikan.

Sebelumnya Ekonom Senior Faisal Basri juga menilai proyek hilirisasi batu bara menjadi DME pada akhirnya akan membebani APBN. Sebab, untuk mengolah batu bara menjadi DME ongkos produksinya cukup mahal. Walaupun dia juga menyadari proyek ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah impor LPG yang terus meningkat.

"(Proyek DME) Melawan kodrat, batu bara yang hitam gosong diolah jadi gas yang sangat bersih. Pasti ongkos produksinya akan amat mahal dan siap-siap sisihkan subdisi APBN," kata Faisal beberapa waktu lalu, Rabu (27/1).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...