Eropa Setop Impor Batu Bara Rusia Mulai Pertengahan Agustus

Muhamad Fajar Riyandanu
8 April 2022, 13:24
impor batu bara rusia, uni eropa, eropa, rusia, ukraina
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj.
Uni Eropa akan setop mengimpor batu bara dari Rusia mulai pertengahan Agustus 2022.

Uni Eropa (UE) telah menyetujui larangan impor batu bara Rusia yang mulai berlaku pada pertengahan Agustus 2022, sebulan lebih lambat dari rencana semula. Penundaan ini lantaran ada tekanan dari Jerman yang belum siap menghentikan impor lebih cepat.

UE pada minggu ini mengusulkan paket sanksi kelima terhadap Rusia yang salah satunya adalah larangan impor batu bara. Usulan ini merupakan reaksi atas pembunuhan warga sipil di kota Bucha, Ukraina.

Advertisement

Setelah disetujui, sanksi ini akan menjadi larangan pertama UE atas impor energi Rusia sejak dimulainya invasi ke Ukraina pada 24 Februari 2022. Sementara itu, komoditas energi dari Rusia lainnya seperti minyak dan gas, belum tersentuh larangan impor.

Reuters melaporkan berdasarkan dokumen yang mereka terima, komisi UE awalnya mengusulkan periode penghentian impor batu bara dalam tiga bulan atau mulai Juli 2022, sesuai kontrak yang ada. Ini berarti bahwa Rusia masih dapat secara efektif mengekspor batu bara ke UE selama 90 hari setelah sanksi berlaku.

“Periode itu telah diperpanjang menjadi empat bulan”, kata sumber anonim yang mengetahui diskusi tersebut seperti dikutip Reuters, Jumat (8/4). “Perpanjangan itu mengikuti tekanan dari Jerman, importir utama batu bara Rusia di Uni Eropa.“

Para perwakilan negara-negara anggota UE telah mengadakan pertemuan untuk menyelesaikan sanksi lainnya bagi Rusia, termasuk larangan kapal Rusia menggunakan pelabuhan UE. Adapun persetujuan seluruh paket sanksi telah disepakati.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement