Adaro Targetkan Smelter Aluminium di Kaltara Rampung pada 2024

Muhamad Fajar Riyandanu
18 April 2022, 22:02
adaro, smelter aluminium,
123RF.com/miraclemoments
Ilustrasi smelter.

PT Adaro Energy melalui anak usahanya PT Adaro Aluminium menargetkan smelter aluminium di Kalimantan Utara beroperasi pada 2024. Nantinya, smelter tersebut akan memproduksi bahan baku alumunium yang digunakan untuk membuat kendaraan listrik.

Presiden Direktur Adaro Garibaldi Thohir mengatakan smelter tersebut diharapkan dapat mendukung program hilirisasi di sektor pertambangan agar menambah nilai jual dari produk yang dihasilkan.

Pria yang kerap disapa Boy tersebut menambahkan, dalam satu dekade ke depan, Indonesia akan bergeser dari negara agraris menjadi negara industri dengan material sumber daya alam, seperti aluminiun, timah, nikel, dan tembaga.

“Adaro alumunium akan direalisasikan segera, tahun 2023 kami akan fokus untuk bagaimana bisa mengeksekusi proyek itu dengan baik dan berharap pada 2024 itu sudah terealisasi,” ujar Boy kepada awak media secara daring, Senin (18/4).

Melalui PT Adaro Aluminium, Boy menyampaikan harapannya agar Adaro bisa berkontribusi dalam pengembangan kendaraan listrik dan baterai listrik. Harapan ini muncul saat dirinya berkunjung ke Amerika Serikat (AS).

Di sana, ia melihat pabrik pembuatan kendaraan listrik yang sebagian besar komponennya dibuat dari aluminium. “Di AS, kendaraan elektrik itu sasis dan body-nya itu dibuat dari aluminium Jadi ringan sekali,” sambungnya.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...