PGN Siapkan Infrastruktur untuk Alirkan Gas ke Kilang Tuban

Happy Fajrian
19 April 2022, 16:39
kilang tuban, pgn, pertamina, grr tuban
KATADATA
Ilustrasi kilang.

Subholding gas Pertamina, yakni Perusahaan Gas Negara (PGN), menandatangani Head of Agreement (HOA) kerja sama penyediaan gas bumi Kilang Grass Root Refinery (GRR) Tuban, Jawa Timur dengan Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia (PRPP) .

PGN siap menyediakan infrastruktur pendukung untuk memasok gas bumi ke PRPP baik melalui terminal LNG land based maupun pipeline and stations. Dengan kebutuhan gas 227 BBTUD pada 2027 dan 351 BBTUD pada 2028-2046, PGN berkomitmen penuh sebagai aggregator pemenuhan gas Kilang Tuban.

Advertisement

Direktur Utama PGN Haryo Yunianto mengatakan pihaknya akan segera menindaklanjuti HOA ini dalam perjanjian definitif dan saling support antarsubholding Pertamina untuk mengakselerasi penyelesaian ontrack GRR Tuban.

"Sehingga memberikan manfaat bagi energi nasional dan menciptakan multiplier effect bagi perekonomian nasional," kata Haryo, Selasa (19/4).

Dirut Pertamina Nicke Widyawati mengatakan keberhasilan Proyek Kilang GRR Tuban nantinya akan memiliki nilai strategis bagi Pertamina dan Indonesia karena akan menjadi kilang dan petrokimia terpadu pertama di Indonesia.

GRR Tuban akan menghasilkan produk petrokimia yang saat ini masih didominasi impor. "Dengan kita sudah memproduksi petrochemical, maka ini menjadi strategi bisnis Pertamina dalam menghadapi transisi energi ke depan," katanya.

Dia menambahkan, pembangunan integrated refinery petrochemical membutuhkan investasi besar. Pertamina akan berupaya menurunkan investasi melalui integrasi, yang dengan itu beberapa utilitas tidak perlu dibangun, cukup dengan optimalisasi yang sudah ada di grup, serta menurunkan capex.

"Dari sisi Pertamina Group, sinergi ini adalah sinergi yang harus saling menguntungkan. Kita akan menggunakan market price sebagai dasar mengambil keputusan dan competitiveness. Kita juga tetap berharap dapat mendorong efisiensi," ujar Nicke.

Menurut dia, pada akhirnya ketika efisiensi terjadi akan meningkatkan profitabilitas yang akan dikonsolidasikan ke Pertamina Group. Ini langkah membesarkan Pertamina Group lebih kuat ke depan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement