Yunani Tahan Kapal Tanker Minyak Rusia Terkait Sanksi Uni Eropa

Happy Fajrian
19 April 2022, 20:33
kapal tanker minyak rusia, sanksi uni eropa
ANTARA FOTO/HO/Bakamla/mrh/aww.
Ilustrasi kapal tanker minyak.

Otoritas Yunani telah menahan sebuah kapal tanker minyak berbendera Rusia di lepas pantai pulau Evia sebagai bagian dari sanksi Uni Eropa yang dikenakan pada Moskow atas invasinya ke Ukraina.

Penjaga pantai Yunani menjelaskan bahwa kapal tanker Pegas yang berbendera Rusia dengan 19 awak berkebangsaan Rusia ditangkap di dekat Karystos di pantai selatan Evia yang terletak tak jauh dari daratan Yunani dekat ibu kota Athena.

“(Kapal) itu ditahan sebagai bagian dari sanksi Uni Eropa,” kata seorang pejabat kementerian perkapalan Yunani seperti dikutip Reuters, Selasa (19/4). Seorang petugas penjaga pantai mengatakan bahwa muatan minyak yang dibawa kapal tersebut belum disita.

Kantor Berita Athena melaporkan bahwa kapal ini sebelumnya mengalami masalah mesin. Kondisi gelombang laut yang tidak bersahabat memaksa kapal tersebut berlabuh di lepas pantai Karystos di mana ia ditahan otoritas setempat.

Awal bulan ini Uni Eropa melarang kapal berbendera Rusia berlabuh di pelabuhan blok yang beranggotakan 27 negara tersebut, dengan beberapa pengecualian, sebagai tambahan dari sederet sanksi yang telah dijatuhkan kepada negara ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...