Temui Nelayan, Jokowi Janji Bereskan Solar dan Sertifikat Tanah

Rizky Alika
20 April 2022, 20:18
jokowi, nelayan, solar, sertifikat tanah
ANTARA FOTO/Umarul Faruq/rwa.
Nelayan antre membeli bahan bakar minyak (BBM) jenis solar di SPBU Karangketug, Kota Pasuruan, Jawa Timur, Rabu (6/4/2022).

Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengunjungi Dermaga Kapal Nelayan Bale Purbo, Gresik pada Rabu (20/4). Dalam kesempatan itu, Presiden mendengarkan kesulitan para nelayan, seperti masalah solar dan sertifikat tanah.

Kepala Negara pun berupaya menyelesaikan masalah tersebut. Terkait solar, ia meminta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono untuk membangun SPBU.

"Untuk dibuatkan SPBU kecil khusus untuk para nelayan yang dimiliki nanti, Pak Bupati tadi sampaikan, BUMD,” kata Jokowi usai peninjauan, Rabu (20/4).

Masalah lainnya ialah terkait sertifikat tanah yang dimiliki nelayan. Mantan Wali Kota Solo itu mengatakan, tanah yang dimiliki para nelayan merupakan tanah oloran yang tidak bisa disertifikatkan. Adapun, tanah oloran ialah tanah reklamasi sedimen alami.

Untuk mengatasi hal itu, Jokowi telah menelepon Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil. “Bisa, ini akan kita selesaikan," ujar Jokowi.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...