Operasi Kilang Tangguh Train 2 Terganggu, Ini Penjelasan BP Indonesia

Muhamad Fajar Riyandanu
20 April 2022, 17:06
kilang, tangguh lng, tangguh train 2
KATADATA/
Kilang LNG Tangguh.

BP Indonesia melaporkan telah melakukan shutdown di Kilang LNG Tangguh Train 2 pada Minggu (17/4). Ladang gas yang terletak di Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat ini mengalami shutdown pada faslilitas Train 2 karenakan adanya temuan yang tidak biasa pada bagian gas heater.

“Keputusan untuk melakukan shutdown dirasa perlu demi keselamatan para pekerja dan keberlanjutan operasi kami,” kata BP Regional President Asia Pacific, Nader Zaki kepada Katadata.co.id, Rabu (20/4).

Advertisement

Nader mengatakan tidak ada pekerja yang terluka dalam peristiwa tersebut. Saat ini, pihaknya terus melakukan upaya merampungkan masalah dan diperkirakan selesai pada akhir pekan ini.

“Kami juga telah mengkomunikasikan keputusan ini kepada SKK Migas dan kami akan terus memberikan perkembangan kepada SKK Migas,” sambung Nader.

Sebelumnya BP Indonesia tengah bersiap menggenjot cadangan gas di Proyek Tangguh, Papua Barat. Dana yang perusahaan asal Inggris ini siapkan mencapai US$ 4 miliar atau sekitar Rp 57,8 triliun.

Alokasi dana tersebut untuk pengembangan di Lapangan Ubadari dan penerapan teknologi penangkapan karbon alias carbon capture, utilization and storage (CCUS).

Dengan investasi ini, BP berharap cadangan terbuktinya dapat meningkat. Gas yang dihasilkan nantinya akan dipakai untuk operasional kilang gas alam cair (LNG) Tangguh Train 1 sampai 3.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement