Embargo Minyak Rusia, Eropa Bersiap Hadapi Lonjakan Harga Bahan Bakar

Happy Fajrian
5 Mei 2022, 16:17
minyak, rusia, eropa, uni eropa, harga bahan bakar
123rf.com
Sanksi embargo minyak Rusia oleh Eropa akan menyebabkan naiknya harga bahan bakar, baik untuk industri maupun transportasi di blok tersebut.

Uni Eropa (UE) mengusulkan embargo minyak Rusia secara bertahap, memperketat sanksinya terhadap Moskow atas invasinya ke Ukraina. Langkah drastis ini akan berdampak signifikan terhadap ketahanan dan harga bahan bakar di kawasan tersebut.

Pasalnya, blok ini mengimpor sekitar 2,2 juta barel per hari (bph) minyak mentah dan 1,2 juta bph produk minyak sulingan dari Rusia sebelum perang di Ukraina dimulai menurut data Badan Energi Internasional (IEA).

Advertisement

Mengutip Reuters, dampak pertama yang akan pertama kali dirasakan warga Eropa adalah naiknya harga bahan bakar. Eropa mengimpor minyak mentah dan produk olahan minyak dari Rusia seperti solar untuk bahan bakar industri dan bahan bakar kendaraan.

Jika Eropa mencari sumber pasokan baru di luar Rusia berarti biaya pengiriman yang lebih mahal yang pada akhirnya menaikkan harga di stasiun pengisian bahan bakar. Jerman, misalnya, yang mengimpor 74% bahan bakar diesel atau solar dari Rusia sebelum pecahnya perang.

Menurut data IEA, minyak Rusia berkontribusi 20% terhadap penyulingan minyak di Eropa. Beberapa kilang yang memproduksi bahan bakar mulai dari bensin hingga bahan bakar jet, seperti PCK Schwedt dan Leuna Jerman, serta kilang di Republik Ceko, Hongaria, Slovakia, dan Polandia, mendapatkan pasokan minyak mentahnya dari Rusia melalui pipa Druzhba.

Pasokan di sepanjang pipa Druzhba berfluktuasi tajam dalam beberapa tahun terakhir dengan pengiriman mencapai 1,5 juta bph dan turun dalam beberapa bulan terakhir termasuk Februari menjadi sekitar 0,8 juta bph.

Polandia dapat beralih ke pasokan lintas laut dari tempat-tempat seperti Arab Saudi atau Norwegia melalui pelabuhan Gdansk di Laut Baltik.

PCK Schwedt, yang memasok mobil dan bandara di Berlin dan wilayah tersebut, dan Leuna dekat Leipzig bisa mendapatkan minyak dari pelabuhan laut Baltik Jerman Rostock - apalagi hub minyak mentah dari Gdansk - tetapi tidak cukup bagi mereka untuk beroperasi penuh kapasitas.

Polandia, yang berusaha mengganti semua minyak mentah Rusia di kilangnya, dapat mengarahkan sebagian minyak yang tiba di Gdansk ke dua kilang Jerman ini, tetapi detailnya belum diselesaikan.

Mengubah rute pasokan ini kemungkinan besar akan berarti harga bahan baku yang lebih tinggi untuk dua kilang terbesar di Jerman, yang mendorong harga yang lebih tinggi bagi konsumen akhir.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement