AS Jatuhkan Sanksi kepada 27 Petinggi Gazprombank dan Stasiun TV Rusia

Happy Fajrian
9 Mei 2022, 08:23
rusia, ukraina, amerika serikat, sanksi, gazprombank
ANTARA FOTO/REUTERS/Bernadett Szabo/hp/sad.
Orang-orang ikut dalam demonstrasi mendukung Ukraina di tengah invasi Rusia, di Budapest, Hongaria, Sabtu (30/4/2022).

Amerika Serikat (AS) mengumumkan sanksi baru terhadap Rusia yang menyasar 27 orang eksekutif Gazprombank sebagai hukuman atas invasi negara tersebut ke Ukraina pada 24 Februari yang masih berlangsung hingga hari ini.

Selain itu AS juga menjatuhkan sanksi terhadap tiga stasiun televisi Rusia yang terafiliasi dengan pemerintah, dan melarang orang Amerika memberikan layanan akuntansi dan konsultasi kepada Rusia.

Advertisement

Sanksi ini menjadi upaya terbaru Amerika untuk meningkatkan tekanan pada Presiden Rusia Vladimir Putin setelah Presiden Joe Biden bertemu secara virtual dengan para pemimpin G7 dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy untuk membahas perang.

Langkah-langkah yang ditujukan kepada para eksekutif Gazprombank adalah yang pertama melibatkan eksportir gas raksasa Rusia karena AS dan sekutunya telah menghindari mengambil langkah-langkah yang dapat menyebabkan gangguan gas ke Eropa, pelanggan utama Rusia.

"Ini bukan pemblokiran penuh. Kami tidak membekukan aset Gazprombank atau melarang transaksi apa pun dengan Gazprombank. Kami ingin memberi isyarat bahwa Gazprombank bukanlah tempat yang aman untuk menciptakan efek yang mengerikan," kata seorang pejabat senior pemerintahan Biden, seperti dikutip dari Reuters pada Senin (9/5).

Delapan eksekutif dari Sberbank, yang memegang sepertiga aset perbankan Rusia, serta Moscow Industrial Bank dan 10 anak perusahaannya juga masuk dalam daftar sanksi terbaru ini. Simak databoks berikut:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement