Embargo Minyak Rusia oleh Uni Eropa Terganjal Restu Tiga Negara

Happy Fajrian
9 Mei 2022, 09:19
minyak rusia, uni eropa, larangan impor, eropa, rusia, ukraina
Katadata
Uni Eropa berencana melarang impor minyak dari Rusia sebagai sanksi atas invasi ke Ukraina.

Langkah Uni Eropa (UE) untuk melarang impor minyak Rusia sampai kini masih terganjal restu dari tiga negara anggotanya, yakni Hongaria, Slovakia, dan Republik Ceko. Ketiga negara ini tegas menentang sanksi larangan impor minyak Rusia karena mengancam perekonomiannya.

Komisi Eropa telah memodifikasi proposal kebijakan larangan impor minyak Rusia untuk memberikan ketiga negara tersebut waktu lebih panjang, hingga 2024, untuk mencari pasokan energi alternatif. Proposal tersebut sudah dibahas pada Jumat (6/5) namun gagal mencapai kesepakatan.

Adapun proposal awal menyerukan diakhirinya impor minyak mentah dan produk olahan minyak dari Rusia pada akhir tahun ini. Dalam proposal terbaru, selain menunda hingga 2024 juga akan ada transisi tiga bulan sebelum larangan pengiriman minyak Rusia ke Eropa.

“Transisi tiga bulan, alih-alih satu bulan pada proposal awal, untuk meredakan kekhawatiran Yunani, Malta, dan Siprus terkait kesiapan perusahaan pelayaran mereka,” kata salah satu sumber internal Komisi Eropa yang menolak disebut namanya, seperti dikutip dari Reuters pada Senin (9/5).

Para diplomat mengatakan pembicaraan itu rumit tetapi banyak yang menyatakan keyakinannya bahwa 27 pemerintah Uni Eropa dapat menyetujuinya sebelum minggu depan sebelum sanksi ini dapat mulai diterapkan. Simak databoks berikut:

Di bawah proposal asli, sebagian besar negara UE harus berhenti membeli minyak mentah Rusia enam bulan setelah penerapan langkah-langkah tersebut, dan menghentikan impor produk minyak sulingan dari Rusia pada akhir tahun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...