Harga Batu Bara Tembus US$ 400, Bagaimana Peluang RI Kerek Ekspor?

Muhamad Fajar Riyandanu
17 Mei 2022, 19:21
harga batu bara, ekspor batu bara, batu bara, produksi batu bara
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
Pekerja mengoperasikan alat berat saat bongkar muat batu bara ke dalam truk di Pelabuhan PT Karya Citra Nusantara (KCN), Marunda, Jakarta, Rabu (12/1/2022).

Harga batu bara dunia menembus US$ 400 per ton seiring lonjakan permintaan dari India akibat krisis energi yang disebabkan gelombang panas yang membuat konsumsi listrik melonjak untuk pendingin ruangan.

Mengutip barchart.com, harga batu bara kontrak pembelian Mei 2022 kini mencapai US$ 402.5 per ton. Lalu bagaimana peluang Indonesia sebagai eksportir batu bara terbesar dunia untuk mendulang keuntungan dari momentum tingginya harga mineral hitam ini?

Ketua Umum Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi), Rizal Kasli, mengatakan lonjakan harga batu bara tersebut bersifat sementara dan hanya berlaku pada pasar spot untuk batu bara kualitas tinggi atau high rank coal dengan spesifikasi batu bara di atas 6.000 kilo kalori (kcal) per kilo gram (kg).

“Sedangkan untuk batu bara medium rank coal yang di Indonesia dipakai untuk PLTU itu tidak terlalu mengikuti kenaikan harga,” kata Rizal dalam Mining Zone pada Selasa (17/5).

Menurut Rizal, sulit bagi Indonesia untuk meningkatkan jumlah produksi nasional di tengah tingginya harga batu bara global. Simak perkembangan produksi batu bara Indonesia delapan tahun terakhir pada databoks berikut:

Tahun ini pemerintah menargetkan produksi batu bara sebanyak 675 juta ton. Menurut Rizal, kesulitan penambahan produksi disebabkan oleh beberapa faktor seperti minimnya ketersediaan alat berat yang merupakan faktor pendukung utama dalam proses produksi batu bara.

“Penyediaan dan pengadaan alat produksi itu tidak mudah, butuh waktu yang lama sekira tiga bulan, enam bulan bahkan sampai satu tahun tahun sehingga ini menyulitkan terjadinya lonjakan produksi yang drastis,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...