Rencana EU Setop Impor Energi Rusia di 2027 Butuh Investasi Rp 3.245 T

Happy Fajrian
19 Mei 2022, 12:04
eropa, rusia, uni eropa, impor energi, impor bahan bakar fosil. minyak, gas, lng
123rf/Ilkin Quliyev

Komisi Eropa meluncurkan rencana senilai € 210 miliar, atau setara Rp 3.245 triliun (kurs Rp 15.455 per euro), untuk mengakhiri ketergantungan Uni Eropa (UE) terhadap bahan bakar fosil Rusia pada 2027, dan memanfaatkan momentum itu untuk mempercepat transisi ke energi hijau.

Untuk lepas dari bahan bakar fosil Rusia, Komisi Eropa mengusulkan tiga rencana bernama RePowerEU yakni mencari pasokan gas baru non-Rusia, mempercepat pengembangan energi terbarukan, dan peningkatan upaya penghematan energi.

Komisi Eropa memperkirakan upaya ini akan membutuhkan tambahan investasi sebesar € 210 miliar, setara Rp 3.245 triliun, pada 2027, dan € 300 miliar, setara Rp 4.636 triliun, pada 2030, di atas investasi yang sudah dibutuhkan untuk memenuhi target iklim 2030.

“RePowerEU akan membantu kami menghemat lebih banyak energi, mempercepat penghentian bertahap penggunaan bahan bakar fosil, dan yang paling penting, memulai investasi dalam skala baru,” kata Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen seperti dikutip Reuters, Kamis (19/5).

Investasi tersebut termasuk € 86 miliar (Rp 1.329 triliun) untuk energi terbarukan dan € 27 miliar (Rp 417 triliun) untuk infrastruktur hidrogen, € 29 miliar (Rp 448 triliun) untuk pembangunan jaringan listrik, dan € 56 miliar (Rp 865 triliun) untuk penghematan energi.

Invasi Ukraina oleh Rusia yang merupakan pemasok gas utama Eropa, telah mendorong blok tersebut untuk meninjau kembali kebijakan energinya di tengah kekhawatiran guncangan pasokan yang meningkat.

Rusia memasok 40% dari kebutuhan gas UE dan 27% minyak mentah. Negara-negara kawasan tersebut juga tengah berjuang untuk menyetujui paket sanksi baru yang salah satunya yaitu menghentikan impor minyak mentah dan produk sulingan minyak Rusia.

Komisi Eropa menyatakan beberapa investasi dalam infrastruktur bahan bakar fosil akan diperlukan, di antaranya € 10 miliar (Rp 154 triliun) untuk 12 proyek gas dan gas alam cair (LNG), dan hingga € 2 miliar (Rp 31 triliun) untuk proyek infrastruktur minyak negara-negara Eropa tengah dan timur yang terkurung daratan yang tidak memiliki akses ke pasokan selain Rusia.

Meski demikian aktivis lingkungan mengatakan investasi itu berisiko membuat UE memproduksi emisi karbon lebih lama, yang akan menyebabkan perubahan iklim dan tingginya harga energi. Namun Komisi Eropa meyakini infrastruktur gas baru dapat digunakan untuk hidrogen terbarukan di masa depan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...