Beli Pertalite & Solar Pakai Aplikasi MyPertamina Tunggu Restu Jokowi

Muhamad Fajar Riyandanu
31 Mei 2022, 21:04
bbm bersubsidi, pertalite, solar, mypertamina, bph migas
ANTARA FOTO/Jojon/tom.
Petugas melayani pengisian BBM jenis Pertalite di SPBU 74.931.04 Tapak Kuda, Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (12/4/2022).

Penyaluran BBM bersubsidi Pertalite dan solar melalui aplikasi MyPertamina hanya tinggal menunggu restu Presiden Joko Widodo (Jokowi). Restu itu berupa pengesahan revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM).

Anggota Komite Badan Pengatur Hilir dan Gas Bumi (BPH Migas), Saleh Abdurrahman, mengatakan pembahasan revisi Perpres tersebut sudah mendekati tahap finalisasi.

“Sedang dalam tahap finalisasi. Jadi usai itu disepakati dan disetujui, kemudian disosialisasi dan diterapkan,” kata Saleh kepada Katadata.co.id saat dihubungi melalui sambungan telepon pada Selasa (31/5).

Saat ditanya perihal kapan pemerintah menerapkan fitur layanan digital MyPertamina untuk penyaluran BBM bersubsidi jenis Pertalite dan solar, Saleh irit bicara. Ia mengaku belum tahu kapan aturan tersebut akan diterapkan. “Saya belum tahu,” sambung Saleh.

Adapun jumlah kuota Pertalite yang akan diberikan kepada tiap kepala, Saleh menyebut hal tersebut juga akan diatur dalam revisi Perpres Nomor 191 tahun 2014. Ia menyebut, bahwa Perpres yang berlaku saat ini tidak mengatur tentang jumlah maksimal pembelian BBM bersubsidi, khususnya solar.

Guna mengisi kekosongan tersebut, BPH Migas mengeluarkan Surat Keputusan (SK) yang mengatur tentang jumlah maksimal pembelian solar. "Solar ini perorangan maksimal 60 liter, kendaraan roda enam itu 200 liter. Itu diatur di SK BPH Migas agar jatah kuota Solar itu cukup dan sesuai dengan kuota," ujar Saleh.

Sebelumnya Kepala BPH Migas, Erika Retnowati, mengatakan bahwa pihaknya telah mengajukan sejumlah revisi aturan yang berkaitan dengan distribusi BBM bersubsidi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...