Wartawan Foto Katadata Raih Juara 1 APFI 2022 Kategori General News

Happy Fajrian
3 Juni 2022, 21:59
katadata, anugerah pewarta foto indonesia, apfi
PFI/Sopian
Wartawan foto Katadata, Muhammad Zaenuddin, berhasil meraih juara 1 essai foto kategori general news AFPI 2022, berkat foto bertajuk "Bunga di Reruntuhan".

Pewarta Foto Indonesia (PFI) kembali menyelenggarakan Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) tahun ini. Wartawan Foto Katadata.co.id, Muhammad Zaenuddin, berhasil meraih Juara 1 essai foto untuk kategori General News.

APFI 2022 menyeleksi 2.800 lebih foto dari 300 wartawan yang akhirnya menelurkan 15 foto terbaik dari 7 kategori yang diseleksi dewan juri selama lebih 12 jam. Zae, panggilan akrab Zaenuddin di antara rekan-rekan Katadata, meraih juara berkat essai foto yang bertajuk “Bunga di Reruntuhan”.

Advertisement

“Foto itu menceritakan tentang seorang pemandu lagu (lady companion/LC) di Jakarta yang perekonomiannya terganggu imbas PSBB. Ditambah ia juga sedang dalam ancaman konflik agraria di tempat ia bermukim, di tanah sengketa Pertamina di Pancoran,” ujar Zae, Jumat (3/6).

Zae menceritakan bahwa foto itu diabadikannya pada medio Mei-Juni 2021. Ia mengaku sudah mengenal warga di kawasan tersebut, karena memang sudah ikut dalam advokasi korban penggusuran di Pancoran, Jakarta Selatan.

“Di daerah itu dulunya banyak terdapat kafe karaoke. Bahkan daerah ini sebelumnya menjadi pusat perekonomian bagi warga setempat yang mayoritas terdiri dari pemulung, pengamen, dan badut lampu merah,” tukasnya.

Dalam narasinya, Zae mengisahkan Maya (39), seorang LC sekaligus pekerja seks komersial (PSK) yang penghasilannya berkurang drastis sejak diterapkannya PSBB. Sengketa lahan kemudian menambah derita Maya karena ia tidak hanya menanggung akibat dari larangan berkerumun di tengah pandemi Covid-19, tetapi juga dampak langsung penggusuran.

“Dalam proyek ini Saya menggunakan medium fotografi untuk menelusuri aspek keadilan sosial kehidupan perkotaan. Fotografi dapat menjadi gema untuk mereka yang tak bersuara. Foto-foto Maya dan ironi pembangunan kota yang dialaminya adalah pengejewantahan fotografi sebagai kritik sosial, fotografi untuk perubahan, dan terlebih, fotografi bagi kemanusiaan tanpa batasan,” tulis Zae.

Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2022, wartawan foto Katadata.co.id meraih juara 1 kategori essai foto general news.
Karya wartawan foto Katadata.co.id Muhammad Zaenuddin meraih Juara 1 APFI 2022 kategori essai foto General News. (YouTube-Pewarta Foto Indonesia)

Perwakilan penerima anugerah diundang khusus ke Medan untuk menerima trofi APFI. Hadir dalam puncak penghargaan Walikota Medan Bobby Nasution, Ketua Umum PFI Pusat Reno Esnir, Ketua PFI Medan Rahmad Suryadi, para perwakilan pemenang, dan perwakilan pengurus PFI Kota.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement