Komisi Eropa akan Segera Putuskan Rekomendasi Masuknya Ukraina ke UE

Happy Fajrian
12 Juni 2022, 13:38
ukraina, uni eropa, rusia, eropa
ANTARA FOTO/REUTERS/Geert Vanden Wijngaert/Pool /WSJ/sad.
Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen tiba untuk pertemuan luar biasa para pemimpin Uni Eropa untuk membahas situasi Ukraina dan Rusia di gedung Dewan Eropa di Brussels, Belgia, Kamis (17/2/2022).

Komisi Eropa akan segera mengumumkan keputusan terkait permintaan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk bergabung dengan Uni Eropa (UE). Ukraina berharap dapat bergabung dengan blok tersebut dan mendapat dukungan yang lebih luas untuk menghadapi perang dengan Rusia.

“Keanggotaan UE Ukraina akan diputuskan minggu depan,” kata Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen, seperti dikutip Al Jazeera, Minggu (12/6).

Hal tersebut ia sampaikan pada kunjungan mendadaknya ke ibukota Ukraina, Kyiv, Sabtu (11/6). Von der Leyen mengatakan kepada Zelensky bahwa diskusi terkait rekomendasi Ukraina sebagai calon anggota UE masih berlangsung.

Langkah rekomendasi ini pun hanya akan menjadi langkah awal dalam proses yang panjang. Semua 27 negara anggota UE harus setuju untuk memberikan status kandidat anggota kepada Ukraina. Setelah itu Kyiv harus melakukan serangkaian reformasi sebelum dapat dipertimbangkan untuk menjadi anggota.

Zelensky telah mendesak untuk segera masuk ke UE sebagai cara untuk mengurangi kerentanan geopolitik Ukraina setelah invasi Rusia pada 24 Februari.

Tetapi para pejabat dan pemimpin di blok itu memperingatkan bahwa, bahkan dengan status pencalonan, keanggotaan UE yang sebenarnya bisa memakan waktu bertahun-tahun, atau bahkan puluhan tahun.

Von der Leyen, dalam perjalanan keduanya ke Kyiv sejak awal serangan Rusia, mengingatkan Zelensky bahwa meskipun ada kemajuan dalam reformasi administrasi dan di tempat lain, masih banyak yang harus diselesaikan.

“Anda telah melakukan banyak hal dalam memperkuat supremasi hukum, tetapi masih ada kebutuhan untuk menerapkan reformasi, untuk memerangi korupsi, misalnya,” katanya dalam konferensi pers bersama Zelensky.

Bergabung dengan UE adalah proses yang biasanya memakan waktu bertahun-tahun dan membutuhkan pemenuhan kriteria yang ketat – mulai dari stabilitas ekonomi hingga pemberantasan korupsi hingga penghormatan terhadap hak asasi manusia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...