Mobil Listrik Marak, Perusahaan Terbesar Minyak Jepang Tutup Kilang

Happy Fajrian
14 Juni 2022, 18:41
mobil listrik, kilang minyak, jepang, bbm
KATADATA
Ilustrasi kilang minyak.

Idemitsu Kosan, perusahaan perdagangan minyak wholesale terbesar kedua di Jepang memutuskan untuk menutup salah satu kilang minyaknya yang berlokasi di Prefektur Yamaguchi pada akhir Maret 2024.

Kilang Yamaguchi menyumbang 13% dari total kapasitas penyulingan Idemitsu, dengan kapasitas pengolahan minyak mentah 120.000 barel per hari (bph). Penutupan kilang ini dipicu oleh maraknya penggunaan mobil listrik yang membuat permintaan BBM turun.

Advertisement

“Perusahaan telah menyimpulkan bahwa permintaan bensin akan terus menurun karena mobil listrik menjadi lebih populer,” tulis pernyataan Idemitsu seperti dikutip Nikkei Asia, Selasa (14/6).

Idemitsu mengendalikan kilang Yamaguchi melalui Seibu Oil, afiliasi di mana ia memiliki 38% saham bersama berbagai perusahaan lokal. Idemitsu akan membeli saham perusahaan-perusahaan tersebut, termasuk UBE dan Chugoku Electric Power Co., sebelum menutup operasi kilang.

Sekitar 400 karyawan kilang akan dipertahankan dan ditawarkan penugasan kembali ke kilang lain dalam grup perusahaan. Simak databoks berikut:

Idemitsu kemudian akan mempertimbangkan untuk mengubah kilang tersebut menjadi basis untuk mengembangkan sumber energi generasi berikutnya, seperti hidrogen dan amonia yang tidak mengeluarkan karbon dioksida saat dibakar. Permintaan sumber energi baru ini juga diperkirakan meningkat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement