70 Cekungan Migas Belum Tersentuh, Jadi Asa Untuk Kejar Target Lifting

Muhamad Fajar Riyandanu
20 Juni 2022, 18:20
eksplorasi migas, cekungan migas, lifting migas
Katadata
Rig migas lepas pantai.

Kementerian ESDM mencatat masih ada 70 cekungan minyak dan gas bumi (migas) potensial yang belum tereksplorasi. Cekungan tersebut berpotensi menjadi motor untuk mencapai target lifting minyak 1 juta barel per hari (bopd) dan gas 12 miliar standar kaki kubik per hari (BSCFD) pada 2030.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan puluhan cekungan migas tersebut harus segera dimanfaatkan agar produksi migas di Indonesia tak tertinggal oleh negara-negara lain. Selain itu, Arifin berharap ekploitasi pada 70 cekungan potensial itu dapat membebaskan Indonesia dari cengkraman impor migas.

"Apabila sumber-sumber daya energi kita tidak kita manfaatkan, kita akan tertinggal dan oleh karena itu kita harus impor. Jangan sampai dibiarkan," kata Arifin kepada wartawan di Gedung Kementerian ESDM pada Senin (20/6).

Arifin berharap kepada seluruh jajaran dari sektor hulu hingga sektor hilir migas agar mengerahkan upaya maksimal untuk mengejar target pemerintah. Pasalnya, ujar Arifin, saat ini produksi migas di Indonesia mengalami penurunan.

"Saat ini produksi kurang dari 700 ribu bopd. Dulu kita pernah hasilkan 1,6 juta bopd karena sumur-sumur kita sudah menurun kapasitas produksinya," sambung Arifin.

Sementara itu Direktur Jenderal Migas Tutuka Ariadji, mengatakan sejumlah perusahaan migas internasional mulai tertarik untuk berinvestasi di wilayah Indonesia Timur dan laut lepas saat pelelangan 12 wilayah kerja (WK) pada akhir bulan ini. “Kalau saya lihat mereka sudah mau mulai masuk,” kata Tutuka.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...