Progres Proyek LNG Tangguh Train 3 Sudah 90%, Rampung Maret 2023

Muhamad Fajar Riyandanu
22 Juni 2022, 14:40
lng, tangguh train, skk migas, kementerian esdm
KATADATA/
Proyek LNG Tangguh Train di Teluk Bintuni, Papua.

Pemerintah melalui Kementerian ESDM dan SKK Migas memastikan proyek pembangunan proyek Liquefied Natural Gas (LNG) Tangguh Train 3 di Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat rampung pada pada Maret 2023.

Proyek yang nantinya akan dijalankan oleh BP itu memiliki kapasitas produksi 3.8 metrik ton per tahun. Proyek ini dikembangkan berdasarkan persetujuan POD II dengan nilai investasi dapat mencapai US$ 11 miliar atau setara Rp 159 triliun.

Direktur Jenderal Minyak Dan Gas Bumi (Migas) Tutuka Ariadji optimis pembangunan fasilitas Train 3 dapat diselesaikan sesuai target yang sudah disepakati, yakni pada kuartal I Tahun 2023.

"Kami optimis pembangunan train 3 akan selesai pada waktunya. Progress pembangunan Train 3 sudah bagus, sudah mencapai 90% lebih," kata Tutuka dalam siaran pers, Rabu (22/6).

Adapun pembangunan proyek LNG Tangguh Train 3 Teluk Bintuni dimulai sejak 2016 dan mengalami banyak tantangan akibat Pandemi Covid-19, sehingga menyebabkan dua kali outbreak yang membuat proyek terhenti.

Proyek ini dibangun oleh 12.900 pekerja ini diharap dapat selesai pada akhir tahun dan gas dapat dialirkan pada awal tahun depan. Proyek ini nantinya diharap bisa menghasilkan 3,8 juta ton LNG per tahun. Hasil produksi Train 3 akan diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan gas domestik termasuk untuk pembangkit listrik PLN.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...