MIND ID Ujicoba Teknologi Kecerdasan Buatan untuk Eksplorasi Mineral

Muhamad Fajar Riyandanu
28 Juni 2022, 12:00
mind id, kecerdasan buatan, artificial intelligence, ai, eksplorasi mineral
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Pekerja tambang menunjukkan urat emas di lorong bawah tanah tambang emas milik PT.Antam bk, Bogor, Rabu (15/12/2021).

Perusahan pertambangan plat merah PT Mining Industry Indonesia (MIND ID) mengujicoba penggunaan teknologi berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dan machine learning untuk mengoptimalisasi kegiatan eksplorasi mineral.

Adapun teknologi tersebut bernama "Geologging". Direktur Utama MIND ID, Hendi Prio Santoso mengatakan bahwa aplikasi digital yang dikembangkan oleh tim Safepedia ini akan digunakan di seluruh anggota MIND ID yang terdiri dari PT Aneka Tambang (Antam), PT Bukit Asam, PT Freeport Indonesia, PT Inalum, dan PT Timah.

Advertisement

Hendi berharap, penerapan teknologi AI dapat meningkatkan efektivitas eksplorasi di anggota MIND ID. Perusahaan terus berinovasi di setiap kegiatan operasional untuk mengoptimalkan pengelolaan sumber daya dan cadangan mineral.

"Perusahaan terus mendorong lahirnya ide dan inovasi yang membuat proses bisnis industri tambang menjadi lebih efisien, efektif, ramah lingkungan dan berkelanjutan,” kata Hendi dalam siaran pers, dikutip Selasa (28/6).

Geologging memiliki tiga fitur, yakni safety inspection, proses pengeboran dan foto core yang dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan. MIND ID berharap aplikasi Geologging menjadi problem solver untuk efisiensi dan optimalisasi aktivitas eksplorasi pada anggota MIND ID.

Ujicoba Geologging dilakukan di kegiatan eksplorasi Antam di unit bisnis pertambangan emas di Jawa Barat. Aplikasi ini dapat mempercepat dan mengkalkulasi sampel batuan hasil pemboran (core) seperti Rock Quality Designation (RQD), dan Core Recovery.

Hendi memaparkan, implementasi ujicoba program yang dilakukan di wilayah operasi Antam berfokus pada tiga hal. Satu, penyesuaian field dalam aplikasi Geologging sesuai dengan kebutuhan dari petugas di lapangan. Dua, kolaborasi fitur AI pada Geologging dengan aplikasi digital logging milik Antam “Rinda Emas”.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement