Turki Cabut Veto Muluskan Langkah Swedia dan Finlandia Gabung NATO

Happy Fajrian
29 Juni 2022, 08:51
nato, swedia, turki, finlandia, perang rusia ukraina
ANTARA FOTO/REUTERS/Johanna Geron/Pool/RWA/dj
Sekjen NATO Jens Stoltenberg menghadiri seremoni menandai permohonan Swedia dan Finlandia menjadi anggota di Brussels, Belgia, Rabu (18/5/2022).

Turki telah mencabut hak vetonya atas proposal Finlandia dan Swedia untuk bergabung dengan pakta pertahanan Atlantik Utara (NATO). Turki merupakan anggota NATO sejak 1959. Penambahan anggota baru membutuhkan persetujuan seluruh anggota.

Dengan pencabutan veto ini, ketiga negara sepakat untuk melindungi keamanan satu sama lain. Adapun kesepakatan ini tercapai pada Selasa (28/6) setelah empat jam negosiasi, tepat sebelum pertemuan puncak NATO dimulai di Madrid, Spanyol.

Pencabutan veto ini menjadi perubahan terbesar dalam keamanan Eropa dalam beberapa dekade karena kedua negara Nordik yang telah lama netral ini mencari perlindungan NATO seiring pecahnya perang Rusia-Ukraina.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg dan kepresidenan Turki mengonfirmasi kesepakatan itu dalam dua pernyataan terpisah, tak lama setelah usainya pembicaraan antara kepala NATO, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Perdana Menteri Swedia Magdalena Andersson, dan Presiden Finlandia Sauli Niinisto.

“Ketentuan kesepakatan ini mengharuskan Swedia mengintensifkan pekerjaan pada permintaan esktradisi Turki,” kata Stoltenberg, seperti dikutip Al Jazeera, Rabu (29/6).

Selain itu Swedia dan Finlandia harus mengubah undang-undang untuk memperkuat pendekatan mereka terhadap pihak-pihak yang dianggap sebagai ancaman oleh Turki. Stoltenberg juga mengatakan Swedia dan Finlandia akan mencabut pembatasan penjualan senjata ke Turki.

Turki telah menyuarakan keprihatinan serius bahwa Swedia telah menyembunyikan anggota Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dilarang, yang melawan negara Turki pada 1984. Stockholm telah membantah tuduhan itu.

Pernyataan kepresidenan Turki pada hari Selasa mengatakan perjanjian empat arah berarti: “Kerja sama penuh dengan Turki dalam perang melawan PKK dan afiliasinya”. Ia juga mengatakan Swedia dan Finlandia “menunjukkan solidaritas dengan Turki dalam perang melawan terorisme dalam segala bentuk dan manifestasinya”.

Stoltenberg mengatakan 30 pemimpin NATO sekarang akan mengundang secara resmi Finlandia, yang berbagi perbatasan 1.300 km (810 mil) dengan Rusia, dan Swedia untuk bergabung dengan NATO.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...