Stok dan Produksi BBM AS Melonjak, Harga Minyak Turun 3% ke US$ 116

Happy Fajrian
30 Juni 2022, 07:58
harga minyak
KATADATA
Ilustrasi kilang minyak.

Harga minyak merosot cukup dalam seiring data stok dan produksi bahan bakar minyak (BBM) Amerika Serikat yang kuat. Di samping itu, kekhawatiran perlambatan ekonomi melampaui kekhawatiran tentang ketatnya pasokan dunia saat ini.

Harga minyak acuan global, Brent, pagi ini, Kamis (30/6), turun ke US$ 116,01 per barel. Padahal kemarin sempat menyentuh US$ 120,33 per barel. Sementara West Texas Intermediate (WTI) berada di level US$ 109,62 setelah sebelumnya sempat di level US$ 114,05.

Advertisement

Energy Information Administration (EIA) Amerika mengatakan bahwa persediaan minyak mentah turun pekan lalu meski produksi mencapai level tertinggi sejak April 2020. Stok bahan bakar naik didorong peningkatan aktivitas kilang hingga ke level 95% dari kapasitas penuh.

“Laporan EIA meredam pasar. Kenaikan persediaan bensin dan produk sulingan lain sedikit mengurangi tekanan dan kenaikan produksi AS juga menjadi faktor penurunan harga,” kata analis Again Capital LLC di New York, John Kilduff, seperti dikutip Reuters, Kamis (30/6).

Peningkatan persediaan tersebut menyebabkan harga berjangka bensin dan produk sulingan Amerika turun masing-masing sekitar 3% dan 4%. Pedagang mengatakan minyak berjangka mengikuti harga bahan bakar yang lebih rendah.

Penguatan nilai tukar dolar Amerika juga turut menekan harga minyak. Dolar yang lebih kuat terhadap sekeranjang mata uang lainnya di dunia membuat minyak lebih mahal bagi pembeli lain yang tidak menggunakan dolar.

Harga Brent dan WTI naik sekitar 7% selama tiga sesi sebelumnya di tengah kekhawatiran tentang ketatnya pasokan karena sebagian sanksi Barat terhadap Rusia.

“Mengingat bahwa hampir 1/5 dari kapasitas produksi minyak global saat ini berada di bawah beberapa bentuk sanksi (Iran, Venezuela, Rusia), kami percaya tidak ada cara praktis untuk menjaga minyak ini keluar dari pasar yang sudah sangat ketat,” tulis laporan JP Morgan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement