Gerindra - PKB Mulai Konsolidasi Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya

Image title
1 Juli 2022, 08:52
gerindra, pkb, koalisi, pemilu 2024
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.
Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad (kedua kiri) bersama dengan Wakil Ketua Umum bidang Pemenangan Pemilu PKB Jazilul Fawaid (kedua kanan) meninggalkan ruangan usai melakukan pertemuan di Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Di tengah dinamika politik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mulai memperkuat koalisi yang tengah dijajaki. Setelah pertemuan antara ketua umum pada Sabtu (18/6) lalu, kini giliran jajaran elit di bawahnya yang berkomunikasi.

Jajaran pengurus Gerindra dan PKB bertemu dalam gelaran bertajuk Silaturahmi Kebangsaan Gerindra dan PKB dengan mengusung tema nama koalisi mereka, yaitu Kebangkitan Indonesia Raya pada Kamis (30/6) malam di Jakarta Pusat.

Tak hanya dari jajaran pengurus pusat, keduanya juga mulai berkonsolidasi pada tingkat provinsi. Hal itu tercermin dari kehadiran para Dewan Pengurus Daerah (DPD) Gerindra dan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB dari seluruh provinsi di Indonesia.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Gerindra, Ahmad Muzani menyampaikan bahwa pertemuan jajaran pengurus kedua partai dimaksudkan untuk mengakrabkan diri menjelang deklarasi resmi koalisi. Selain itu, pertemuan juga diharapkan akan berlanjut hingga tingkat kota atau kabupaten dan seterusnya.

“Selanjutnya mereka di provinsinya, di daerahnya masing-masing untuk kemudian melanjutkan silaturahmi hari ini,” ujarnya pada Kamis (30/6) malam.

Dengan konsolidasi ini, maka kedua partai telah memberi sinyal untuk semakin mantap berkoalisi dalam menghadapi Pemilu mendatang. Hal itu pun dibenarkan oleh Ketua Harian DPP Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad. “Koalisilah (dengan PKB),” ujarnya pada kesempatan yang sama.

Dalam upaya penjajakan koalisi, Dasco menyampaikan bahwa hingga kini kedua partai belum menemukan hambatan yang berarti. Sejauh ini, keduanya masih mencoba untuk menyamakan visi dan persepsi.

“Kami merasa dapat kawan, merasa dapat semangat, merasa dapat energi dengan teman-teman PKB. Teman-teman PKB juga merasa dapat kawan, dapat semangat dan dapat tradisi-tradisi baru. Semuanya saling mengisi,” jelas Dasco.

Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid pun mengamini perihal kemantapan koalisi dengan Gerindra. Selain untuk saling mengisi, menurutnya koalisi ini juga betujuan untuk memenangkan kontestasi Pemilu 2024. “Kalau sudah nyebutnya koalisi, tentu ujungnya ingin menang,” ungkapnya.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...