Harga Minyak Indonesia Juni Naik ke US$117 Imbas Gejolak Pasokan Dunia

Muhamad Fajar Riyandanu
4 Juli 2022, 13:26
harga minyak, icp, harga minyak mentah indonesia, harga icp
Katadata
Rig pengeboran migas lepas pantai.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan harga minyak mentah Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP) bulan Juni 2022 di level US$ 117,62 per barel. Angka ini naik US$ 8,01 per barel dari US$ 109,61 per barel pada Mei 2022.

Penetapan harga ICP ini tercantum dalam Keputusan Menteri ESDM Nomor 75.K/MG.03/DJM/2022 tentang Harga Minyak mentah Indonesia Bulan Juni 2022, tertanggal 1 Juli 2022.

Kenaikan harga minyak mentah utama di pasar Internasional dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya kekhawatiran pelaku pasar minyak akibat ketidakpastian pasokan minyak mentah dunia lantaran ketidakmampuan OPEC+ untuk memenuhi target kuota produksi.

Selain itu, lonjakan harga minyak juga disebabkan oleh minimnya investasi dan pengenaan sanksi kepada Rusia, penurunan produksi Libya, Ekuador dan Nigeria, serta produksi UAE dan Arab Saudi yang telah mendekati kapasitas produksi maksimum.

“Selain itu, produksi shale oil AS tidak menunjukan peningkatan produksi yang berarti,” demikian dikutip Executive Summary (exsum) Tim Harga Minyak Mentah Indonesia, dikutip Senin (4/7). Simak perkembangan ICP pada databoks berikut:

Faktor lainnya adalah terkait pasokan minyak mentah dunia di mana OPEC dalam laporan bulan Juni 2022 menurunkan surplus pasokan minyak mentah dunia sebesar 400 ribu barel minyak per hari (bopd) menjadi 1 juta bopd.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...