Minyak Goreng MinyaKita Meluncur, DSI Minta Pengembangan Lebih Lanjut

Andi M. Arief
6 Juli 2022, 15:25
minyak goreng, minyakita, dewan sawit indonesia, harga minyak goreng
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU
Sejumlah warga mengantre untuk membeli minyak goreng kemasan saat peluncuran minyak goreng kemasan rakyat (MinyaKita) di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (6/7/2022).

Dewan Sawit Indonesia (DSI) menyatakan perlu ada pengembangan tambahan jika produk minyak goreng MinyaKita berhasil diterima konsumen. Hal ini penting agar tujuan MinyaKita menggantikan dominasi minyak goreng curah di pasar tercapai.

Plt Ketua Umum DSI Sahat Sinaga mengatakan salah satu strategi yang bisa dilakukan pemerintah yaitu menanggung seluruh pajak pertambahan nilai (PPN DTP) MinyaKita. Dengan demikian, harganya di pasar bisa Rp 12.600 per liter atau lebih rendah dari harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng curah Rp 14.000 per liter.

"Tapi (PPN DTP MinyaKita) tidak untuk jangka panjang. Dua tahun (saja selama masa) edukasi. Setelah itu, orang tahu bahwa (lebih) enak (menggunakan MinyaKita)," kata Sahat di kompleks Kementerian Perdagangan, Rabu (6/6).

Selain sebagai insentif untuk konsumen, Sahat menilai PPN DTP MinyaKita juga akan mendorong jumlah produsen yang memproduksi MinyaKita. Sahat menilai insentif berupa penambahan penghitungan MinyaKita saat ini masih kecil.

Berdasarkan catatan Katadata, produsen akan mendapatkan tambahan pencatatan distribusi sebesar 0,1-0,2 saat mendistribusikan minyak goreng dalam bentuk MinyaKita.

Dengan kata lain, perusahaan A yang mengirimkan minyak goreng dalam bentuk MinyaKita sebanyak 1 ton, akan dicatatkan telah memenuhi aturan kewajiban pasar domestik (DMO) sebesar 1,1-1,2 ton tergantung kemasan yang digunakan.

Kemendag meluncurkan MinyaKita dalam empat kemasan, yakni botol plastik, bantal plastik, jeriken, dan kantong berdiri. Selain itu, MinyaKita dijual dalam tiga ukuran, yakni 1 liter, 2 liter, dan 5 liter.

Produsen akan mendapatkan insentif 1,1 kali pencatatan DMO dari total volume distribusi jika mengemas MinyaKita dalam kantong berdiri, sedangkan kemasan lainnya akan mendapatkan insentif sebesar 1,2 kali.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...