Produksi Migas Pertamina Hingga Mei Naik 8%, Capai 966 mboepd

Muhamad Fajar Riyandanu
7 Juli 2022, 13:41
produksi migas pertamina
Arief Kamaludin|KATADATA
Lapangan migas Blok Mahakam. Produksi migas Pertamina pada Mei 2022 meningkat 8% menjadi 966 mboepd.

Produksi minyak dan gas (migas) Pertamina hingga akhir Mei 2022 mencapai 966 ribu barel setara minyak bumi per hari (mboepd). Capaian tersebut 8% di atas produksi tahun 2021. Tahun ini Pertamina menargetkan produksi migas mencapai 1.047 mboepd atau naik 17% dibanding 2021.

Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina Nicke Widyawati mengatakan peningkatan target produksi tersebut merupakan upaya menjaga ketahanan energi nasional.

Advertisement

“Kalau melihat ketahanan energi, tidak hanya melihat stok di hilir tapi yang harus dijaga adalah produksi di hulu, karena ini digunakan sebagai feedstock bagi kilang-kilang," kata Nicke dalam siaran pers pada Kamis (7/6).

Nicke menambahkan, peningkatan produksi migas Pertamina harus didorong oleh pengeboran sumur yang agresif, baik sumur baru, sumur pengembangan maupun work over dan well service. Pada tahun 2022, lanjut Nicke, Pertamina akan mengebor 813 sumur pengembangan atau naik 232% dibanding tahun lalu.

Selain itu, Pertamina juga akan mengebor 29 sumur eksplorasi dan 26.467 work over dan well service. Jumlah ini naik 161% dari tahun lalu. "Ketahanan energi harus kita jaga dimulai dari hulu,” sambung Nicke.

Pertamina pada tahun ini akan melakukan optimasi performa di sektor hulu dengan reaktivasi sumur suspended, potensi penumuan gas eksplorasi discovery Manpatu-01 di Mahakam dan potensi penemuan minyak di Sungai Gelam Timur-01 Jambi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement