Alih Kelola Blok CPP Agustus, Lifting Minyak Ditargetkan 40.000 Barel

Happy Fajrian
7 Juli 2022, 18:14
lifting migas, lifting minyak, blok cpp, blok migas, bumi siak pusako
Medco Energi
Ilustrasi pengeboran migas lepas pantai.

PT Bumi Siak Pusako menargetkan lifting minyak mentah 40.000-an barel per hari (bph) dari Blok Coastal Plain Pekanbaru (CPP). Blok migas ini akan dialihkelolakan ke perusahaan daerah Provinsi Riau tersebut dari Badan Operasi Bersama PT BSP-Pertamina Hulu pada 9 Agustus 2022.

Sekretaris Perusahaan PT BSP, Riki Hariansyah mengatakan hal tersebut sudah tertuang dalam kontrak pengelolaan Blok CPP 100% dengan negara. Kekuatan BSP dalam kontrak yakni berikan bonus tanda tangan US$ 10 juta dan komitmen kerja pasti US$ 130 juta.

“Target produksi kita mencoba pada tahun 2030 mencapai 40.000 barel per hari. Ini juga dalam mendukung pemerintah capai 1 juta barel per hari tahun 2030,” katanya Kamis, (7/7).

Saat ini PT BSP masih tergabung dalam BOB dengan Pertamina Hulu dengan pembagian keuntungan 50-50. Setelah tandatangan kontrak pengelolaan 100%, PT BSP telah menjadi yang dominan di BOB seperti dalam hal sumber daya manusia.

Sebanyak 260 orang karyawan PT BSP adalah komposisi 85 persen BOB PT BSP-Pertamina Hulu. Bahkan untuk untuk program sumur eksplorasi dan eksploitasi sejak tahun 2020 sudah 100 persen dibiayai oleh PT BSP.

Saham terbesar PT BSP dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Siak sebanyak 72%. Selamat berdiri 20 tahun sebagai perusahaan daerah telah memberikan dividen Rp 3,16 triliun dan juga dana tanggungjawab sosial sekitar Rp 80 miliar.

Riki menyebut untuk mencapai target 40.000-an bph, PT BSP akan menerapkan Enhance Oil Recovery (EOR) dan pencarian sumber baru. Sekarang ini lifting Blok CPP masih sekitar 8.500 bph.

“Selain dari hanya sumur yang ada, kita berupaya menemukan lapangan baru sambil menahan penurunan. Juga ada cadangan yang cukup juga di Taman Nasional Zamrud tapi itu ia masih tahap pembicaraan dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” sebutnya.

Kepala Departemen Humas SKK Migas Perwakilan Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), Yanin Kholison menuturkan, pemerintah melalui Kementerian ESDM secara resmi menetapkan dan menyerahkan pengelolaan wilayah kerja CPP 100% atau penuh ke PT BSP mulai 9 Agustus mendatang.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...