SKK Migas Cari Bahan Kimia Buatan Dalam Negeri untuk EOR Blok Rokan

Muhamad Fajar Riyandanu
18 Juli 2022, 17:42
blok rokan, skk migas, blok migas,
Katadata/Pertamina
Blok Rokan. SKK Migas tengah mencari bahan kimia (chemical) buatan dalam negeri untuk penerapan teknologi EOR di Lapangan Minas Blok Rokan.

Rencana penerapan teknologi enhanced oil recovery (EOR) untuk meningkatkan produksi minyak di Lapangan Minas Blok Rokan ditargetkan berjalan pada 2025.

Wakil Kepala SKK Migas Fatar Yani Abdurrahman, mengatakan pemerintah sedang mencari beberapa alternatif bahan kimia dengan harga yang lebih terjangkau dari yang sebelumnya dikelola kelola oleh Chevron Pacific Indonesia (CPI).

"Kami lagi evaluasi beberapa alternatif kimia lain. Yang pernah dilakukan evaluasinya oleh Chevron waktu itu harganya agak lumayan tinggi dan itu mempengaruhi keekonomian dari Blok Rokan," kata Fatar kepada wartawan di Kantor SKK Migas pada Senin (18/7).

Fatar mengatakan, SKK Migas akan mencari bahan baku EOR dari produksi dalam negeri agar penerapan teknologi EOR di Blok Rokan menjadi lebih ekonomis dengan menerapkan teknik injeksi dengan bahan kimia surfaktan dan polimer.

Sebelum diterapkan, rencana tersebut akan diuji coba di bawah permukaan untuk selanjutnya dilakukan uji coba lapangan sebelum diterapkan secara menyeluruh. "Sebagian diproduksi di dalam negeri. Isinya surfaktan sama polimer. Kalau di Chevron itu ada beberapa campuran lain," sambung Fatar.

Fatar menjelaskan, saat ini SKK Migas sedang melakukan studi lanjutan berupa pengecekan letak sumur injeksi dan reservoir. Selain itu, SKK Migas telah melakukan pengeboran di beberapa sumur dan membangun fasilitas yang akan difungsikan sebagai recovery chemical. Proses tersebut membutuhkan waktu 2-3 tahun.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...