Lebih 140.000 Mobil Daftar MyPertamina, Uji Coba Diperluas ke Jakarta

Muhamad Fajar Riyandanu
19 Juli 2022, 13:51
mypertamina, bbm bersubsidi, pertamina,
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/rwa.
Petugas menunjukkan cara mendaftar di website sebelum membeli BBM bersubsidi di SPBU Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, Jumat (1/7/2022).

Pertamina mencatat lebih dari 140.000 kendaraan telah mendaftar melalui aplikasi MyPertamina, laman internet subsiditepat.mypertamina.id, atau langsung di SPBU untuk memperoleh akses untuk membeli BBM bersubsidi Pertalite dan solar sejak pendaftaran dibuka pada 1 Juli.

"Sampai kemarin sudah diatas 140 ribu (pendaftar)," kata Sektetaris Perusahaan Pertamina Parta Niaga, Irto Ginting kepada Katadata.co.id, Selasa (19/7).

Mengutip laman subsiditepat.mypertamina.id Pertamina memperluas cakupan daerah pendaftaran ke 50 kota/kabupaten yang tersebar di 27 provinsi. Sejumlah kota metropolitan seperti Jakarta Timur dan Kota Tengarang masuk dalam daftar tersebut.

Saat ini, pendaftaran masih dibuka bagi konsumen yang ingin mendaftarkan kendaraannya sebagai penerima BBM subsidi. Selain melalui laman subsiditepat.mypertamina.id secara langsung, pendaftaran juga dapat diakses melalui aplikasi MyPertamina.

Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, mengatakan distribusi BBM bersubsidi Pertalite dan Solar hanya akan berlaku pada jenis kendaraan yang sesuai dan telah terdaftar di aplikasi MyPertmina.

Nicke menjelaskan, kendaraan-kendaraan yang lolos verfikasi MyPertamina akan memperoleh QR Code yang akan menjadi syarat bagi konsomen untuk membeli BBM bersubsidi. Adapun QR Code tersebut harus diperlihatkan kepada petugas SPBU "Karena subsidi ini melekat pada kendaraan," kata Nicke beberapa waktu lalu.

Menurut Nicke, QR Code tersebut dapat dicetak di kertas, dilaminating dan ditempel di kendaraan para konsumen untuk mempermudah transaksi di SPBU tanpa harus memiliki ponsel pintar atau smartphone.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...