Kementerian ESDM Sebut Potensi Migas di Blok Andaman Terbesar di Dunia

Muhamad Fajar Riyandanu
20 Juli 2022, 17:09
blok andaman, potensi migas, cadangan migas, cadangan minyak, cadangan gas, skk migas, kementerian esdm
Pertamina Hulu Energi
Ilustrasi pengeboran migas lepas pantai.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut bahwa sumber daya minyak dan gas bumi (migas) di Blok Andaman yang berlokasi di perairan Aceh berpotensi menjadi yang terbesar di dunia.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas), Tutuka Ariadji, menyatakan potensi sumber daya gas bumi di Blok Andaman Aceh berada di kisaran 6 triliun kaki kubik (TFC) dari masing-masing tiga blok yang dikembangkan.

Tiga blok tersebut yakni Andaman I yang dikelola oleh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Mubadala Petroleum, Andaman II oleh KKKS Primier Oil, dan Andaman III yang saat ini baru akan dieksplorasi oleh KKKS Repsol Andaman B.V di Sumur Rencong-1X yang terletak di dasar laut sedalam 1,100 meter di Perairan Selat Malaka.

“Kalau dikumpulkan ketiga-tiganya bisa lebih besar dari Masela. Menyebarnya ke Thailand jadi luar biasa kalau ada (gasnya) di blok Adaman III. Mungkin bisa jadi discovery terbesar di dunia,” kata Tutuka saat ditemui wartawan di Kantor Kementerian ESDM pada Rabu (20/7).

Dengan ditemukannya potensi sumber daya gas bumi yang melimpah di Blok Andaman. Sejumlah KKKS besar mulai melakukan pergerakan untuk melakukan pengeboran di lokasi tersebut. Kepala SKK Migas Dwi Soejipto mengatakan sejumlah KKKS sudah mempersiapkan rig untuk melakukan pengeboran di Blok Andaman.

"Sekarang investor jadi lebih optimis dengan Andaman I, II, III. Mereka segera mempersiapkan untuk ikut ngebor, sekarang rig yang kemarin dipakai di Andaman II, sekarang bergerak ke Andaman III untuk melaksanakan pengeboran," kata Dwi kepada wartawan di Kantor Kementerian ESDM.

Dwi menambahkan, Blok Andaman memiliki potensi untuk utilisasi pemanfaatan LNG bagi kepentingan industri domestik maupun ekspor ke Singapura.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...