Rusia Ancam Pangkas Lagi Pasokan, UE Siapkan Rencana Darurat Gas Baru

Happy Fajrian
20 Juli 2022, 19:40
uni eropa, gas rusia, eropa
pixabay.com
Bendera Uni Eropa.

Komisi Eropa tengah menyiapkan rencana darurat baru yang akan mewajibkan negara-negara anggota Uni Eropa menghemat konsumsi gas. Hal ini seiring ancaman pemangkasan pasokan gas lebih besar oleh Rusia.

Perusahaan gas milik negara Rusia, Gazprom, dijadwalkan akan kembali mengalirkan gas ke Eropa setelah periode pemeliharaan rutin tahunan pipa Nord Stream 1 selama 10 hari rampung pada Kamis (21/7). Selama periode tersebut Eropa tak mendapat pasokan gas dari Rusia.

Sebelumnya pengiriman gas dari Rusia via rute tersebut sudah berkurang menjadi hanya sekitar 40% dari total kapasitas pengiriman normal harian yang mencapai 160 juta meter kubik (mcm).

Belum juga gas kembali mengalir, Presiden Rusia Vladimir Putin hari ini, Rabu (20/7), mengatakan bahwa kemungkinan volume pengiriman akan dipangkas lebih lanjut lantaran ada alat pompa pada Nord Stream 1 yang rusak dan akan diperbaiki pada 26 Juli mendatang.

Sementara pengiriman gas melalui rute lain, seperti Ukraina, juga turun sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari. Simak databoks berikut:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...