Selandia Baru Resmi Buka Perbatasan Setelah Ditutup Sejak Maret 2020

Happy Fajrian
1 Agustus 2022, 07:49
selandia baru, covid-19, perbatasan
Katadata
PM Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan proses pembukaan perbatasan telah menjadi momen yang sangat besar.

Selandia Baru membuka kembali perbatasannya secara penuh untuk pengunjung dari seluruh dunia mulai hari ini, Senin (1/8). Negara ini telah menutup perbatasannya sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19 sejak Maret 2020.

Perbatasan Selandia Baru sebenarnya mulai dibuka kembali untuk pertama kalinya pada Februari 2022, namun ketika itu hanya berlaku bagi warga negara Selandia Baru. Sejak itu kebijakan pembatasan Covid-19 semakin dilonggarkan.

Proses pembukaan kembali perbatasan berakhir tadi malam dengan pengunjung yang membutuhkan visa dan mereka yang menggunakan visa pelajar sekarang juga diizinkan untuk kembali ke Selandia Baru. Selandia Baru sekarang juga mengizinkan kapal pesiar dan yacht rekreasi asing berlabuh di pelabuhannya.

Pelajar internasional merupakan kontributor signifikan bagi perekonomian Selandia Baru dan penyedia pendidikan berharap pembukaan kembali perbatasan akan kembali memberikan dorongan bagi sekolah dan universitas di seluruh negeri.

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan pada hari Senin dalam pidatonya di China Business Summit di Auckland bahwa pembukaan tahap terakhir dari perbatasan telah menjadi momen yang sangat besar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...