405 Ribu Mobil Sudah Mendaftar, Kapan Pembatasan BBM Subsidi Dimulai?

Muhamad Fajar Riyandanu
1 Agustus 2022, 13:19
bbm bersubsidi, mypertamina, pertamina, bbm
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/foc.
Petugas melayani pengisian bahan bakar minyak (BBM) Pertalite di SPBU George Obos, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Selasa (5/7/2022).

Pertamina mencatat ada 405.000 kendaraan roda empat yang terdaftar di pusat data MyPertamina sejak pendaftaran dibuka pada 1 Juli lalu. Ratusan ribu konsumen tersebut mendaftarkan kendaraannya untuk memperoleh akses pembelian BBM bersubsidi Pertalite dan Solar.

Meski demikian, pemerintah dan Pertamina hingga kini belum menentukan tanggal pembatasan konsumsi BBM bersubsidi ditengah gembar-gembor wacana pengetatan distribusi melalui aplikasi MyPertamina sejak dua bulan terakhir.

Advertisement

Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, mengatakan pihak Pertamina masih menunggu intruksi pembatasan BBM bersubsidi yang diatur dalam pengesahan revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran BBM yang ditargetkan selesai bulan ini.

"Tanggalnya belum ditentukan dan diharapkan implementasinya bisa segera," kata Irto melalui pesan singkat kepada Katadata.co.id, Senin (1/8).

Adapun perndaftaran MyPertamina telah dibuka untuk seluruh Provinsi di Indonesia. Pertamina Patra Niaga pada beberapa waktu lalu memang sudah memperluas wilayah pendaftaran hingga 50 Kota atau Kabupaten. Sejumlah kota metropolitan seperti Jakarta Timur dan Kota Tengarang masuk dalam daftar tersebut.

"Data sampai kemarin sudah 405 ribu kendaraan yang didaftarkan dari 50 kota/kabupaten itu prioritas untuk pendaftaran. Ini hanya pendaftaran, penerapan QR Codenya sementara belum," sambung Irto.

Sebagai informasi, konsumsi Pertalite pada bulan Juli 2022 mencapai 1,8 juta kilo liter (kl). Adapun penyerapan Pertalite hingga saat ini sudah menyentuh 61% dari total kuota yang disiapkan hingga akhir tahun sejumlah sejumlah 23,5 juta kl.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement