Eropa Sukses Kurangi Ketergantungannya Terhadap Gas Rusia Hingga 50%

Happy Fajrian
3 Agustus 2022, 17:57
gas, eropa, rusia, uni eropa
Pixabay
Bendera negara anggota Uni Eropa.

Uni Eropa (UE) disebut telah berhasil mengurangi ketergantungannya terhadap pasokan gas dari Rusia hingga 50%. Kini, pangsa impor gas dari Rusia kawasan ini hanya 20% dari sebelumnya 40% pada awal tahun.

Turunnya pangsa pasar gas Rusia di blok ini seiring dengan berkurangnya pasokan secara cukup signifikan melalui jalur pipa Nord Stream 1 dan keberhasilan negara-negara UE mendapatkan pasokan gas dari sumber lain, termasuk dari Amerika Serikat (AS).

Meski demikian, perwakilan tinggi UE untuk urusan luar negeri dan kebijakan keamanan, Josep Borrell, mengatakan kawasan tersebut tetap harus melakukan penghematan untuk mengkompensasi gas Rusia yang hilang dengan pasokan alternatif dari negara lain.

“Kami telah berhasil mengatasi pengurangan keseluruhan dalam pangsa impor gas Rusia dari 40% pada awal tahun menjadi sekitar 20% hari ini, terutama dengan membeli lebih banyak LNG, yang pangsa penggunaannya telah meningkat dari 19% menjadi 37%,” kata Borrell dalam postingannya di blog resmi UE, dikutip Rabu (3/8).

Dia juga mengungkapkan bahwa UE mengalami kemajuan dalam negosiasi untuk membeli lebih banyak gas melalui pipa dari Norwegia, Aljazair, dan Azerbaijan, untuk menggantikan gas Rusia yang pasokannya berkurang signifikan dalam dua bulan terakhir.

Meski demikian dia mengakui bahwa upaya diversifikasi ini tidak akan cukup untuk mengimbangi semua pengiriman gas Rusia yang hilang, yang berarti bahwa konsumsi juga perlu dikurangi. Borrell menjelaskan latar belakang penghematan konsumsi gas sebesar 15% yang diusulkan oleh Komisi Eropa.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...