PLN Bangun 278 Tower Transmisi Listrik Antar Pulau Pertama di Sulawesi

Muhamad Fajar Riyandanu
6 Agustus 2022, 08:08
pln, jaringan listrik, sulawesi
ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA
Ilustrasi jaringan listrik PLN.

Perusahaan Listrik Negara (PLN) membangunan jaringan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 Kilo Volt (KV) yang menghubungkan Pulau Buton dan Pulau Muna, membentang dari Raha sampai Baubau, Sulawesi Tenggara.

Ini merupakan jaringan transmisi 150 kV antar pulau pertama yang ada di Sulawesi. Pengadaan jaringan SUTT 150 kV Raha-Baubau memerlukan pembangunan 278 tower yang terbagi atas 2 tahap yang secara keseluruhan progres pengerjaannya sudah mencapai 73,31%.

Advertisement

Tahap 1 merupakan jaringan gardu induk Raha - TIP 141, dan tahap 2 dari TIP 141 hingga gardu induk Baubau. Khusus untuk tahap 2 pada TIP 231-232 akan melintasi laut yang merupakan jalur utama transportasi perairan.

Guna melancarkan proses survei pengurusan izin melintas laut, PLN bekerjasama dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Baubau dan Distrik Navigasi Kelas III Kendari.

“Khusus untuk jaringan yang melintasi laut di perairan Selat Buton, PLN berkolaborasi dengan KSOP Kelas II Baubau dan Distrik Navigasi Kelas III Kendari,“ kata General Manager PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi, Defiar Anis, dalam keterangan pers dikutip Sabtu (6/8).

Kepala Seksi Operasi Distrik Navigasi Kelas III Kendari, Kamaluddin Latumanggi mengatakan pihaknya akan memberikan dukungan dalam pembangunan proyek strategis nasional (PSN) tersebut.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement