Amerika akan Kirim Lagi Bantuan Senjata ke Ukraina Senilai Rp 14,9 T

Happy Fajrian
6 Agustus 2022, 08:52
amerika serikat, ukraina, bantuan senjata, perang rusia ukraina
ANTARA FOTO/REUTERS/Serhii Nuzhnenko/WSJ/sad.
Serhii Nuzhnenko Seorang prajurit Ukraina berdiri di samping sistem peluncuran roket ganda BM-21 Grad saat serangan Rusia ke Ukraina berlanjut, di wilayah Kharkiv, Ukraina, Rabu (20/4/2022).

Pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dilaporkan tengah menyiapkan paket bantuan senjata terbaru untuk Ukraina yang nilainya diperkirakan mencapai US$ 1 miliar atau sekitar Rp 14,9 triliun (kurs Rp 14.890 per dolar).

Menurut sumber, paket tersebut akan diumumkan paling cepat pada Senin (8/8) dan menjadi paket bantuan senjata terbesar sejauh ini. Senjata yang akan dikirim termasuk di antaranya amunisi HIMARS, amunisi sistem rudal permukaan-ke-udara NASAMS, dan 50 kendaraan transportasi medis lapis baja M113.

Dengan bantuan terbaru ini, secara total Amerika telah menggelontorkan bantuan sebesar US$ 8,8 miliar atau sekitar Rp 131 triliun kepada Ukraina sejak invasi Rusia 24 Februari.

“Presiden Joe Biden belum menandatangani paket senjata berikutnya. Mereka memperingatkan bahwa paket senjata dapat berubah nilai dan isinya sebelum ditandatangani,” kata para pejabat yang menolak disebut namanya seperti dikutip Reuters, Sabtu (6/8).

Paket baru tersebut mengikuti keputusan Pentagon baru-baru ini untuk mengizinkan warga Ukraina menerima perawatan medis di rumah sakit militer AS di Jerman dekat pangkalan udara Ramstein.

Senin lalu, Pentagon mengumumkan paket bantuan keamanan terpisah untuk Ukraina senilai hingga US$ 550 juta, termasuk amunisi tambahan untuk Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS). Gedung Putih menolak mengomentari paket tersebut.

Paket baru akan didanai di bawah Otoritas Penarikan Presiden (PDA), di mana presiden dapat mengizinkan transfer barang dan layanan dari saham AS tanpa persetujuan kongres sebagai tanggapan atas keadaan darurat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...