Ukraina Setop Kirim Minyak ke Eropa Imbas Sanksi Negara Barat

Happy Fajrian
10 Agustus 2022, 11:49
ukraina, minyak rusia, sanksi, eropa, uni eropa
Katadata
Ilustrasi.

Ukraina telah menangguhkan pengiriman minyak mentah Rusia melalui jalur pipa ke sebagian negara Eropa karena terkendala masalah pembayaran. Pasalnya sanksi negara barat membuat operator jalur pipa tersebut, Transneft, tidak dapat menerima biaya transit dari Rusia.

“Aliran minyak dihentikan terutama di sepanjang rute selatan pipa Druzhba. Sementara rute utara yang melayani Polandia dan Jerman tidak terganggu,” kata Transneft, perusahaan Rusia yang merupakan operator jalur pipa tersebut, seperti dikutip Reuters, Rabu (10/8).

Advertisement

Ini akan berdampak signifikan ke sejumlah negara Eropa seperti Slovakia, Hongaria, dan Republik Ceko yang sangat bergantung pada minyak mentah Rusia dan memiliki kemampuan yang sangat terbatas untuk mengimpor pasokan alternatif melalui jalur laut.

“Fakta bahwa kilang minyak harus mengimpor minyak melalui laut dalam waktu sesingkat itu akan membuat upaya untuk mengamankan pasokan alternatif semakin sulit di pasar minyak yang sudah ketat,” kata para trader.

Eropa sangat bergantung pada minyak mentah, diesel, gas alam, dan batu bara Rusia. Harga energi telah melonjak signifikan sepanjang tahun ini karena negara-negara di Benua Biru berebut pasokan alternatif untuk menggantikan energi Rusia.

Perusahaan energi Hungaria MOL dan operator pipa Slovakia Transpetrol mengkonfirmasi aliran telah dihentikan selama beberapa hari karena pembayaran biaya transit.

MOL mengatakan memiliki cadangan selama beberapa minggu dan sedang mencari solusi. Kilang minyak MOL Slovnaft mengatakan bahwa mereka memulai diskusi dengan Ukraina dan mitra Rusia tentang kemungkinan pembayaran biaya transit oleh Slovnaft atau MOL.

Hongaria adalah salah satu negara yang paling bergantung pada minyak Rusia dan pemerintahnya telah melobi keras untuk mendapatkan pembebasan dari sanksi Uni Eropa yang lebih luas terhadap Moskow.

Hungaria dapat mengimpor minyak melalui pipa Adria yang menghubungkan terminal minyak Omisalj di Kroasia ke kilang Duna di Hungaria, tetapi kapasitas rute tersebut terbatas dan pengiriman jauh lebih mahal daripada melalui Druzhba.

Pilihan Slovakia untuk impor minyak alternatif bahkan lebih terbatas karena harus mengimpor minyak melalui Hongaria.

Perusahaan minyak dan gas Polandia, PKN Orlen, yang mengendalikan kilang Unipetrol di Republik Ceko, dapat mengamankan pasokan alternatif dari Trieste di Italia melalui pipa Transalpine. Meskipun rute tersebut beroperasi mendekati kapasitas penuhnya yang terbatas dan mungkin tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan bahan baku.

“Perusahaan pipa Republik Ceko, MERO, memiliki stok minyak operasi yang dapat bertahan setidaknya hingga paruh kedua Agustus, dan pemerintah saat ini tidak berencana untuk memanfaatkan cadangan strategisnya yang hampir 90 hari,” kata Menteri Perindustrian Ceko Jozef Sikela.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement