Kuota Pertalite Tersisa 6,2 Juta KL Jelang Pembatasan pada September

Muhamad Fajar Riyandanu
11 Agustus 2022, 13:06
pertalite, pertamina, bbm
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/aww.
Pengendara motor berputar arah setelah mengetahui BBM jenis Pertalite dan Pertamax kosong di SPBU 34-16117, Kelurahan Pasir Mulya, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (8/8/2022).

Jelang pembatasan penjualan Pertalite pada September mendatang, PT Pertamina menyatakan tidak akan mengurangi penyaluran pasokan BBM bersubsidi itu ke seluruh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Sektetaris Perusahaan Pertamina Parta Niaga, Irto Ginting, mengatakan stok BBM bersubsidi Pertalite dan Solar masih terkendali. "Pasokan Pertalite ke SPBU tetap. Tidak ada pengurangan dalam penyaluran. Ketahanan pasokan Pertalite hingga 18 hari," kata Irto kepada Katadata.co.id, Kamis (11/8).

Hingga Juli Pertamina telah menyalurkan 16,8 juta kilo liter (kl) Pertalite dari total kuota 23 juta kl hingga akhir tahun atau sekitar 73%. Sehingga saat ini tersisa 27% atau 6,2 juta kl yang diharap bisa memenuhi permintaan hingga Desember 2022.

Sementara untuk solar bersubdisi, Pertamina sudah menyalurkan 66,4% atau 9,9 juta kl dari total kuota 14,9 juta kl tahun ini. Sehingga tersisa 33,6% 5 juta kl sampai akhir tahun.

Irto menambahkan bahwa penyaluran BBM bersubsidi perlu segera dibatasi untuk menghindari adanya kekurangan pasokan di akhir tahun.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...