Kejar Rasio Elektrifikasi, ESDM Bantu Pasang Listrik Baru 80.000 Rumah

Happy Fajrian
11 Agustus 2022, 14:46
listrik, kementerian esdm, rasio elektrifikasi
ANTARAFOTO/Rahmad
Pekerja menarik kabel listrik saat pengerjaan pemasangan jaringan listrik program listrik masuk wilayah desa tertinggal di Dusun Jabal Antara, Aceh Utara.

Kementerian ESDM menargetkan 80.000 rumah tangga tidak mampu di daerah terdepan, tertinggal, dan terluar (3T) dapat menerima bantuan pasang baru listrik (BPBL) yang didanai melalui APBN 2022.

Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Ida Nuryatin Finahari mengatakan program itu bertujuan untuk mengejar target rasio elektrifikasi sebesar 100%.

“Berdasarkan hasil rapat kerja Menteri ESDM dengan Komisi VII DPR RI pada 27 September 2021, menyetujui alokasi APBN tahun 2022 untuk program BPBL bagi rumah tangga miskin belum berlistrik sebanyak 80.000 rumah tangga yang tersebar di seluruh Indonesia,” ujarnya, Kamis (11/8).

Sampai semester I 2022, rasio elektrifikasi atau perbandingan rumah tangga berlistrik dengan total rumah tangga di Indonesia telah mencapai angka 99,56%. Ida mengatakan pemerintah terus mendorong berbagai program dalam memenuhi target 100% rasio elektrifikasi tahun ini.

Upaya memenuhi akses listrik bagi seluruh desa dan dusun di daerah 3T tersebut dilakukan dengan berbagai macam selain program bantuan pasang baru listrik.

“Pemerintah memiliki beberapa strategi seperti perluasan jaringan, pembangunan minigrid, pembangunan pembangkit energi baru terbarukan, alat penyalur daya listrik (APDAL), stasiun pengisian energi listrik (SPEL) serta bantuan pasang baru listrik (BPBL),” kata Ida.

Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Wanhar mengungkapkan bahwa pemerintah melakukan berbagai upaya untuk pemerataan akses listrik yang diukur dari rasio elektrifikasi dan rasio desa berlistrik.

Jika rasio elektrifikasi telah mencapai angka 99,56% dan rasio desa berlistrik di Indonesia telah mencapai 99,73% sampai dengan triwulan kedua 2022. Simak databoks berikut:

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...