Jokowi Pamer Fundamental Ekonomi RI Kuat saat Dunia sedang Bergolak

Abdul Azis Said
16 Agustus 2022, 11:42
jokowi, ekonomi indonesia, pertumbuhan ekonomi, sidang tahunan
Biro Pers Sekretariat Presiden / Laily Rachev
Presiden Joko Widodo tiba di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, pada Selasa (16/08/2022).

Pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,44% pada kuartal ketiga menandai pertumbuhan di level 5% selama tiga kuartal beruntun. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memamerkan ekonomi nasional masih kuat saat kondisi dunia tengah bergejolak dan ekonomi negara lainnya di dunia melambat.

"Krisis kesehatan karena pandemi belum sepenuhnya pulih, perekonomian dunia belum sepenuhnya bangkit. Tiba-tiba meletus perang di Ukraina, sehingga krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan tidak terhindarkan lagi, 107 negara terdampak krisis yang sebagian diantaranya diperkirakan jatuh bangkrut," kata Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR RI, Selasa (16/8).

Ujian yang dihadapi dunia dan juga Indonesia menurutnya tidak mudah. Saat ini ada sekitar 553 juta jiwa penduduk dunia terancam jatuh ke jurang kemiskinan ekstrim di tengah meningkatnya krisis. Di sisi lain, ada 345 juta jiwa terancam kekurangan pangan dan kelaparan.

Meski demikian, ia juga menyebut Indonesia patut berbangga sebagai salah satu negara yang mampu menghadapi krisis global ini. Indonesia termasuk negara yang disebut berhasil mengendalikan pandemi Covid-19 dan termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak. Saat ini sudah ada 432 juta dosis vaksin yang sudah disuntikkan.

Dari sisi ekonomi, data pertumbuhan, inflasi hingga pengelolaan fiskal menunjukan kinerja positif. Ekonomi Indonesia tumbuh 5,44% pada kuartal II, lebih tinggi dari kuartal sebelumnya 5,01%. Konsumsi semakin kuat dengan kinerja ekspor yang melanjutkan pertumbuhan hingga dua digit.

"Capaian tersebut patut kita syukuri. Fundamental ekonomi Indonesia tetap sangat baik di tengah perekonomian dunia yang sedang bergolak," ujarnya. Simak databoks berikut:

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...