Erick Thohir: Pertamina Belum Dapat Instruksi Naikkan Harga Pertalite

Muhamad Fajar Riyandanu
Oleh Muhamad Fajar Riyandanu - Maulana Akbar
16 Agustus 2022, 18:24
pertalite, harga bbm, erick thohir, pertamina, harga bbm naik, harga pertalite, subsidi bbm
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/wsj.
Petugas melayani pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertamax di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Bacin, Kudus, Jawa Tengah, Rabu (29/6/2022).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku belum mendapat arahan khusus terkait kenaikan harga BBM bersubsidi jenis Pertalite.

Dia menjelaskan, walau Kementerian BUMN merupakan pemilik 100% saham perusahaan energi nasional PT Pertamina (Persero), keputusan penyesuaian harga BBM bersubsidi berada di tangan Kementerian Koordinator Perekonomian, Kementerian Keuangan, dan Kementerian ESDM.

"Kalau Pertamina kan penugasan saja, kalau pun terjadi pengurangan subsidi kan masih dibahas dan belum ada keputusan. Kalau keputusannya sudah ada, baru ada penugasan ke Pertamina. Sampai hari ini saya sebagai Menteri BUMN belum mendapatkan keputusan," ujarnya di Gedung DPR RI, Selasa (16/8).

Erick menambahkan, kenaikkan harga BBM berpotensi untuk menurunkan alokasi anggaran subsidi yang sudah disiapkan pemerintah hingga akhir 2022. “Kalau Pertamina kan penugasan saja, kalau pun terjadi kenaikan harga, pengurangan subsidi yang Rp 502 triliun itu dijadikan berapa,” ujar Erick.

Sementara itu, Kementerian Keuangan mematok anggaran subsidi energi sebesar Rp 210,7 triliun pada tahun depan, di luar kompensasi energi yang dibayarkan kepada PLN dan Pertamina. Anggaran subsidi energi tahun depan naik dari pagu anggaran tahun ini sebesar Rp 208,9 triliun.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...